MARIUS, S.Pd, MM

MARIUS, S.Pd, MM

Pj. Kepala Dinas

NIP: 19641116198802 1 002

Alamat
Jl Lintas Sumatera Km 2 Sungai Dareh
Telpon
(0754)451233
Email
[email protected]
Website
Facebook
Dinas Pendidikan Dharmasraya
Twitter
twitter

Pada awalnya SKPD yang mengurus masalah pendidikan dan kebudayaan di daerah ii adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupten Sawahlunto Sijunjung.Untuk memperlancar kegiatan , SKPD tersebut memiliki beberapa kantor Cabang Dinas (KCD).Salah satu Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan terletak di kecamatan Pulau Punjung di Kenagarian Sungai Dareh.Sejalan dengan berdirinya daerah otonomi Kabupaten Dharmasraya yang didasari oleh lahirnya Undang-undang Nomer 38 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat di Propinsi Sumatra Barat, maka berdiri suatu SKPD yang menangani khusus masalah pendidikan di Kabupaten Dharmasraya, yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya.

Pada tahun 2017 Bidang Pemuda Olahraga dan Kesiswaan tidak lagi di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga lagi, sehingga OPD berganti nama menjadi Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, berdasarkan Perda Kabupaten Dharmasraya No. 6 Tahun 2008 Tanggal 19 Mei 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja nama OPD yang mengelola pendidikan berubah menjadi Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya. Selanjutnya berdasarkan perda Kabupaten Dharmasraya Nomer 8 Tahun 2010 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya,nama OPD ini kembali mengalami perubahan nama menjadi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya dan untuk tahun 2017 OPD ini MENJADI Dinas Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya yang pertama kali adalah Drs. Rusyadi Abbas,MM pada Tahun 2008. Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahragadijabat oleh Drs.Mardius, SH,MH pada tahun 2009.Dan Pada tahun 2010 Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dijabat oleh Drs. Prih Handoko, M.Pd. Tahun 2011 Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kembali dijabat oleh Drs. Rusyadi Abbas, MM sampai bulan juni 2012, dikarenakan Drs. Rusyadi Abbas, MM Pensiun dari pegawai Negeri Sipil, Posisi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk sementara dijabat oleh Pit.Kepala Dinas Ali Umar, SH sampai dengan bulan Februari 2013. Posisi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dijabat oleh Drs. Syaharudin sampai bulan Agustus 2014, setelah itu posisi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dijabat oleh Plt. Drs. Sutadi sampai awal Februari 2015 dan posisi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kembali dijabat oleh Drs. Prih Handoko, M.Pd sampai akhir Desember 2016. Pada Tahun 2017 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga berganti nama menjadi Dinas Pendidikan seiring dengan pendahnya Bidang Pemuda Olahraga dan Kesiswaan ke Dinas Pariwisata, Budaya dan Pemuda Olahraga, posisi Kepala Dinas Pendidikan dijabat oleh Pj Kepala Dinas Pendidikan Marius, S.Pd, MM sampai sekarang.

B. VISI dan MISI Dinas Pendidikan

VISI :

" Mewujudkan Insan Dharmasraya Yang Cerdas, Berkarakter Dan Kompetitif "

MISI :

1. Mengupayakan Perluasan Dan Pemerataan Kesempatan Memperoleh Pendidikan Yang Bermutu Bagi Seluruh Masyarakat Dharmasraya.

2. Mewujudkan Pendidikan Yang Kompetitif Untuk Menghadapi Perubahan.

3. Meningkatkan Standar Kualitas Pelayanan Pendidikan.

4. Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelanggaraan Dan Pengelolaan Pendidikan.

5. Penguatan Tata Kelola Akuntabilitas Dan Citra Public Pendidikan.

C. Tugas Dan Fungsi Dinas Pendidikan

Tugas Pokok Dinas Pendidikan adalah melaksanakaan urusan pemerintahan daerah bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga berdasarkan otonomi dan tugas pembantuan meliputi Bidang TK/ SD/ SLB, Bidang SLTP/ SLTA, Pendidikan Non Formal/ Informal, Bidang Program dan Mutu, Bidang Pemuda dan Olahraga serta Bidang Kesekretariatan.

Fungsi Dinas Pendidikan antara lain :

1. Perumusan Kebijakan Teknis Pendidikan Di Daerah Kabupaten Dharmasraya.

2. Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Dan Pelayanan Umum Bidang Pendidikan Sesuai Dengan Lingkupnya.

3. Pembinaan Dan Pelaksanaan Tugas Teknis Operasional Di Bidang Pendidikan Meliputi Bidang Pendidikan TK/ SD/ SLB, Bidang Pendidikan SLTP/ SLTA, Bidang Program Dan Mutu, UPT Prasekolah Dan SD, UPT SMP,UPT SMA Dan SMK Dan Serta UPT SKB

4. Pelaksanaan Tugas Lain Yang Diberikan Oleh Bupati Sesuai Dengan Tugas Pokok Dan Fungsinya.