Berita

Bangun Jalan Nagari, Pemkab Dharmasraya Alokasikan Rp6 Miliar

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, pada 2017 mengalokasikan dana sebesar Rp6 miliar untuk pembangunan rigit beton jalan desa, sebagai upaya meningkatkan infrastruktur jalan nagari (desa adat)di daerah itu.

"Dana pengerjaan rigit beton ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017," kata Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Dharmasraya, M Zen di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan pembangunan rigit beton jalan nagari ini direncanakan di enam kawasan yakni Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Sitiung, Kecamatan Koto Besar, Kecamatan Tiumang, Kecamatan Pulau Punjung, dan Kecamatan IX Koto.

Masing-masing kawasan nantinya akan mendapatkan kucuran dana bervariasi, mulai dari Rp450 juta hingga Rp800 juta per nagari.

"Jumlahnya menyesuaikan dengan pengusulan yang disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) kabupaten pada 2016," ujar dia.

Ia mengharapkan pengerjaan pembangunan rigit beton jalan nagari ini dapat dimulai pada pertengahan Juni 2017, mengingat saat ini masih dalam proses tender.

"Gambarnya sedang dibuat oleh konsultan perencana, kami menargetkan pada akhir Mei ini proses lelang proyek selesai," ujarnya.

Ia mengharapkan masyarakat di wilayah pengerjaan rigit beton dapat membantu menyukseskan serta mengawasi pelaksanaan kegiatan agar penyelesaian pembangunan bisa tepat waktu.

"Masyarakat harus ikut serta mengontrol pembangunan ini, jika melihat ada kejanggalan, segera laporkan melalui pemerintahan nagari," tambahnya. (*)