Berita

Baznas Kabupaten Dharmasraya Programkan Satu Keluarga Satu Sarjana

Dharmasraya, -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melaksanakan tiga program unggulan, dalam kerangka meningkatkan kesejahteraan warga Dharmasraya.

Sekretaris Baznas Kabupaten Dharmasraya Drs. Syarbaini, Rabu (7/6), menuturkan di ruang kerjanya, bahwa program unggulan yang paling populer di kalangan masyarakat Dharmasraya, adalah "Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS)".

Program ini dimaksudkan untuk membantu keluarga miskin dalam melanjutkan pendidikan putranya ke jenjang perguruan tinggi. "Dengan begitu, secara bertahap diharapkan dalam setiap keluarga harus ada yang berstatus "sarjana" minimal satu orang," katanya.

Sejak tahun 2015 sampai Juni 2017, sudah tercatat 49 mahasiswa "SKSS" yang dibantu Baznas Dharmasraya, dengan jumlah dana R364.000.000. Biaya tersebut meliputi biaya pendidikan, biaya buku dan biaya hidup (living cost). Pada Juli 2017, akan direkrut lagi sebanyak 15 orang, dengan pagu dana sebesar Rp225.000.000.

Penetapan mahasiswa penerima program SKSS berdasarkan penilaian tim seleksi Baznas. "Ada beberapa tahapan yang harus dilaluinya, antara tes tertulis, wawancara, mengaji dan kunjungan rumah (home visit)," ungkap Syarbaini.

Mereka harus diseleksi secara ketat, agar betul-betul mendapatkan sasaran yang benar. Selanjutnya, mereka yang terpilih, akan dibiayai mulai sejak pendaftaran sampai acara wisudanya oleh Baznas Kabupaten Dharmasraya.

Program Baznas yang lainnya adalah pemberian beasiswa kepada pelajar, mulai dari jenjang Sekolah Dasar/Madratsah Ibtidaiyah (SD/MI), SMP/MTs, SMA dan Madratsah Aliyah (MA).

Jumlah pelajar yang akan menerima bantuan pada 2017 sebanyak 1.000 orang dengan total dana Rp600.000.000. Selain itu, ada juga beasiswa insidentil bagi 200 mahasiswa, dengan total dana sebesar Rp400.000.000.

Beasiswa insidentil ini bertujuan memberikan pelayanan finansial kepada mahasiswa yang tidak bisa diakomodir dalam program SKSS, demikian penjelasan Imam Mesjid Sikabau itu.

Program unggulan ketiga adalah bedah rumah, yaitu pemberian bantuan kepada keluarga miskin yang memiliki rumah sangat sederhana. Pada 2016, Baznas telah membedah 23 rumah yang tersebar pada 11 kecaamtan di Dharmasraya, dengan pagu dana Rp20.000.000,/rumah.

Pada 2017 Baznas akan memberikan bantuan rumah bagi 30 keluarga miskin, dengan total dana sebesar Rp600.000.000. "Kalau dari segi jumlah bantuannya, memang sama besar dengan tahun kemaren. Tetapi volumenya meningkat dari 23 menjadi 30 rumah, tahun ini, imbuhnya. (MC Dharmasraya)