Berita

Camat Asam Jujuhan Terharu Antusias Peserta Upacara HUT RI Asam Jujuhan

Dharmasraya, - Pemerintah Kecamatan Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya melaksanakan Upacara peringatan detik-detik proklamasi RI ke-72 untuk pertama kali, bertempat di lapangan Asam Jujuhan. Camat Asam Jujuhan, Imam Mahfuri, SE merasa terharu melihat tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti upacara HUT RI tersebut.

Selama ini upacara HUT RI dilaksanakan secara parsial, di masing-masing nagari. Namun pada usianya yang ketujuh ini, Camat Asam Jujuhan, Imam Mahfiri, SE menginstruksikan jajarannya untuk melaksanakan upacara HUT RI ke-72 di tingkat kecamatan. Kebijakan ini mendapat respon positif dari masyarakat, terbukti dengan meningkatnya jumlah peserta upacara, mencapai 500 orang lebih. Selain itu, juga dihadiri oleh ratusan warga untuk menyaksikan jalannya upacara yang sakral itu.

Bertindak selaku inspektur, Imam Mahfuri, SE, komandan upacara Brigadir Diance Sufadli anggota Pospol Asam Jujuhan, pembaca teks proklamasi H. Zilgani, SH Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Dharmasraya, dan korsik dari grup drumband SD Negeri 01 Asam Jujuhan dibawah pimpinan Lilis Suryani, S.Pd.

Camat Asam Jujuhan, Imam Mahfuri, SE di ruang kerjanya, Jumat (18/8) menuturkan, pelaksanaan upacara peringatan HUT RI untuk tingkat kecamatan, baru pertama kali dilaksanakan di Asam Jujuhan. Sebelumnya, upacara dilaksanakan di tingkat Nagari masing-masing.

"Terus terang saya selaku pimpinan kecamatan, sangat terharu melihat antusias masyarakat. Selain ASN dan pelajar, beberapa organisasi sosial masyarakat juga turut berpatisifasi dalam upacara tersebut, antara lain KNPI Kecamatan Asam Jujuhan, Pemuda Pancasila, Barisan Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan Gabungan Kelompok Tani Asam Jujuhan", katanya.

Imam berharap, semoga pelaksanaan upacara HUT RI tahun depan lebih meriah lagi. Secara Momen tahun ini merupakan tonggak sejarah bagi kecamatan Asam Jujuhan dimana untuk pertama kali Paskibra mengenakan atribut lengkap seperti pelaksana upacara di tempat lain.

Selain anggota DPRD Dharmasraya, Pimpinan PT TKA Yudha, Walinagari Sungai Limau Muslim, Walinagari Lubuk Besar Burhanudin, Walinagari Sinamar Marzuki, Walinagari Alahan Nan Tigo M Ramdani dan Walinagari Tanjung Alam Armen. Ditenda kehormatan turut hadir tokoh-tokoh masyarakat Asam Jujuhan antara lain, Mawardi mantan Anggota DPRD Dharmasraya priode 2009-2014.

Seusai upacara, anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya dan Camat Asam Jujuhan membaur dengan ASN dan pelajar melaksanakan senam sehat yang dipimpin guru SD Negeri 05 Asam Jujuhan, Desmira,S.Pd.

Pada kesempatan lain, Kepala UPT Pendidikan Asam Jujuhan, Japril,S.Pd, menjelaskan, hampir semua pelajar se-Kecamatan Asam Jujuhan dihadirkan dalam upacara peringatan HUT RI Ke-72 di halaman kantor Camat, kemaren (18/8), mulai dari jenjang PAUD sampai SMA. Hanya ada dua sekolah yang tidak mengirimkan siswanya, yaitu SD YTKA 03 dan 04, karena memilih bergabung dengan Solok Selatan, imbuhnya.(mashuri)