Berita

Etape 3 Tour De Singkarak 2017 Melintasi Tiga Kecamatan Di Dharmasraya

Dharmasraya, -- Panitia Tour De Singkat Unit Dharmasraya terus mematangkan persiapannya menyongsong pelaksanaan ajang balap sepeda internasional itu dengan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, antara lain dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Dharmasraya.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya, Henri, S.Ikom di ruang kerjanya, Jumat (20/10). Ia menambahkan, Pemkab Dharmasraya berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan Tour De Singkarak etape 3 dengan rute Sijunjung-Dharmasraya. Rute sepanjang 161 km ini akan dilaksanakan pada 20 November 2017, dimulai dari rumah adat Sijunjung dan finish di sport centre Dharmasraya. Para pembalap akan menempuh lintasan sepanjang 97 km di wilayah Dharmasraya, meliputi tiga kecamatan yaitu Pulau Punjung, Sitiung dan Koto Baru.

Untuk menunjang kelancaran kegiatan itu, panitia lokal Dharmasraya aktif berkoordinasi dengan beberapa instansi, terutama dengan Dinas Pekerjaan Umum guna memastikan kesiapan pengerjaan jalan yang akan dilalui pembalap, nantinya. Selanjutnya, menjalin kerjasama dengan satuan pengamanan, meliputi Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Dharmasraya, TNI dan Polri.

"Selain melakukan pengecekan fisik jalan, kita juga berkoordinasi dengan Satpol PP, TNI dan Polri untuk melaksanakan pengamanan pada ajang tersebut", ungkap Henri.

Ditambahkan oleh Kabid. Pariwisata Benny Mandala Putra, S.STP, untuk mematangkan persiapan menghadapi ajang Tour De Singkarak, telah dilaksanakan beberapa kali rapat persiapan melibatkan semua stakeholder. Menurut Benny, persiapan sudah mencapai 80 porsen.

Benny menjelaskan, bentuk persiapan yang telah dilaksanakan meliputi pengecekan kondisi lintasan balap, dan pembinaan tim kesenian yang akan mengisi acara prosesi penyerahan hadiah. Selain itu, panitia juga sudah berkoordinasi dengan seluruh camat dan walinagari agar mengerahkan massa di saat kegiatan berlangsung.

"Salah satu indikator kesuksesan tuan rumah adalah kuantitas penonton, untuk itu kita harapkan Camat dan Walinagari dapat mengerahkan warganya untuk menyaksikan ajang tersebut", ujarnya.

Ketika dikonfirmasi tentang keikutsertaan pembalap Dharmasraya dalam ajang itu, Benny mengaku belum ada atlit yang berpartisifasi tahun ini. Menurut Benny, tidak mudah menjadi peserta dalam Tour De Singkarak karena ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, antara lain harus terdaftar sebagai anggota Union Cycle International (UCI). "Sejauh ini, belum ada pembalap kita yang menjadi anggota UCI. Jadi kita fokus menjadi penyelenggara yang baik saja", imbuhnya (Z/mhs)