Berita

JELANG IDUL FITRI, BUPATI SILATURAHMI BERSAMA INSAN PERS

Humas Pemkab Dharmasraya - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan Kamis (15/6), menggelar silaturahmi dengan para insan pers yang ada di Bumi Cati Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya.

Bupati didampingi Asisten I Setda Dharmasraya, Irsyad, Kabag Humas Setda Dharmasraya Atrizal dan dihadiri seluruh insan pers baik media harian, mingguan dan media online.

Dalam silaturahmi tersebut, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyadari betul arti pentingnya insan pers dalam ikut membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan didaerah.

"Kehadiran para wartawan menjadi kunci utama dan menjadi salah satu pilar, dalam mensosialisasikan program-program yang akan dan telah dilakukan oleh pemerintah serta kebijakan yang dibuat pemerintah untuk disampaikan ketengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat Dharmasraya,"bebernya.

Untuk itu, harap Bupati, semua insan pers yang ada di Dharmasraya, mari bersama-sama bergandeng tangan dan jangan ada lagi sekat antara wartawan dengan pemerintah. "Kita bangun Dharmasraya ini secara bersama-sama,sesuai dengan fungsi dan tupoksi dari kita masing-masing,"jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga memaparkan beberapa program yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam kurang lebih hampir dua tahun kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Amrizal Dt Rajo Medan.

"Kita satu persatu telah mengabulkan janji-janji politik yang telah kita sampaikan saat kampanye, Alhamdulillah dengan konsep membangun dari pinggiran, kita telah membangun beberapa infrasturktur didaerah Asam Jujuhan, IX Koto, Timpeh, Tiumang baik pembangunan jalan maupun pembangunan sarana dan prasarana dibidang pendidikan, kesehatan dan sarana prasana umum lainnya,"tegasnya.

Kata Bupati, dengan keterbatasan dana yang ada pada pemerintah, ia terus berupaya menjemput anggaran dana yang ada dipusat untuk dibawa ke Dharmasraya.

"Alhamdulillah pembangunan RSUD dilanjutkan, broadstock center dilanjutkan, kita akan membangun Ruang Taman Hijau, pelebaran jalan, pembangunan pasar rakyat di nagari-nagari, dan semua itu kita jemput dana dari pusat,"tegasnya.

Bupati juga mengatakan, dalam membangun daerah yang kita cintai ini, ia tidak memilah dan memilih program mana yang akan dibangun. Semua program baik dari zaman Bupati Marlon, hingga Bupati Adi Gunawan akan kita lanjutkan pembangunannya.

"Kita tidak memilih mana yang baik dari program dua bupati ini, semua program yang ada baik untuk masyarakat Dharmasraya. Kami akan melanjutkan pembangunan itu, terbukti pembangunan yang ada saat ini masih program yang lama kita lanjutkan,"tegasnya.

Disamping itu, kata Bupati, ia juga menampung aspirasi masyarakat langsung dari bawah baik berupa sms maupun lewat wa dan lainnya. Terutama jalan lintas sumatera yang menjadi kewajiban nasional.

"Kita juga langsung menjemput keatas dan menyampaikan langsung ke menteri PU lengkap dengan RAB yang ada, meski bukan menjadi tupoksi kabupaten. Harapan kita, untuk melakukan pelebaran jalan Lintas Sumatera dan meningkatkan kualitas jalan yang ada di Jalinsum,"ujarnya.

Ditambahkan Bupati, pemerintah juga saat ini tengah membuat program SINAR (Sistim Informasi Nagari) berbasis teknologi yang nanti akan menjadi percontohan tidak hanya di Sumatera Barat akan tetapi untuk Sumatera dan Indonesia.

"Kita telah melaksanakan kerjasama ini dengan Menteri perdesaan,"tegasnya.

2018, Kata Bupati, ia juga akan memfokuskan untuk menggarap potensi wisata yang menjadi daya tarik untuk wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk lebih tertarik datang ke Dharmasraya dan berinvestasi di Dharmasraya.

"Saya juga berharap peran serta dari kawan-kawan pers untuk membangun dan memberikan ide, demi Dharmasraya yang kita cintai ini,"tuturnya.

Dibidang keuangan, kata Bupati, Alhamdulillah Dharmasraya berhasil meraih WTP dua kali berturut-turut dan itu sangat berdampak bagi Dharmasraya.

"Jika tahun kemarin kita mendapat bonus hingga 55 miliar lebih, kita berharap tahun ini lebih daripada itu. Disamping itu, setiap kita mengajukan proposal kepusat yang selalu ditanya, sudah WTP apa belum, sudak baik atau tidak pengelolaan keuangannya dan Alhamdulillah Dharmasraya sudah menjawab itu,"tandasnya.

Mewakili rekan-rekan wartawan, Ketua PWI Dharmasraya Mariadi SE dalam pemaparannya memuji langkah dan kinerja yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

"Kami atas nama PWi siap untuk seiring selangkah dengan pemerintah dan siap bergandeng tangan untuk bersama-sama membangun daerah yang kita cintai ini,"tandasnya. (hms)