Berita

Pawai Alegoris Kecamatan Pulau Punjung

Dharmasraya,-Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE tersenyum sumbringah melihat ribuan masyarakat antusias mengikuti acara "Pawai Budaya dan Alegoris".

Pawai ini diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Pulau Punjung Senin (21/8).

Pawai yang diikuti oleh seluruh sekolah di kecamatan Pulau Punjung itu berlangsung meriah dan nyaris sejajar dengan pawai tingkat Kabupaten Dharmasraya.

Selain penampilan atraksi dari siswa, barisan Pemerintah Nagari dan instansi vertikal se-Kecamatan Pulau Punjung juga ikut memeriahkannya dengan arak-arakan mobil hias. Rute pawai dimulai dari pasar lama Pulau Punjung dan finish di halaman kantor Bupati Dharmasraya.

Peserta pawai dilepas secara resmi oleh Camat Pulau Punjung Lasmita. SKM, didampingi Danramil Pulau Punjung Mayor Inf TNI Irwan, dan Kapolsek Pulau Punjung Iptu Helmi, di komplek taman bermain pasar lama Pulau Punjung (21/8).

Arak-arakan peserta pawai ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Pulau Punjung dan sekitarnya. Bagaikan ditarik magnet besar, warga berhamburan keluar rumah untuk melihat atraksi, kreasi dan aneka pesona penampilan peserta pawai.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE didampingi Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya Leli Arni. S. Pd. M. Si, Kabag Pemerintah dan Otda, Asril. S.AP, Camat Pulau Punjung Lasmita. SKM, dan beberapa pejabat eeselon II di lingkup Pemkab. Dharmasraya menyambut kedatangan peserta pawai di Panggung kehormatan depan kantor bupati setempat.

Sambil tersenyum gembira, Sutan Riska menyampaikan selamat datang kepada peserta pawai. Ia mengaku bangga dengan karya jajaran Pemerintah Kecamatan Pulau Punjung, khususnya dalam penyelenggaraan pawai dalam kerangka memperingati HUT RI ke-72.

Ia menambahkan, pawai hari ini berlangsung sangat meriah, yang terbukti dengan ramainya masyarakat menyaksikan jalannya pawai. Pawai kecamatan Pulau Punjung itu sudah selevel dengan pawai tingkat Kabupaten Dharmasraya, imbuhnya.

Sementara itu, Camat Pulau Punjung Lasmita. SKM, merasa puas atas antusias masyarakat mengikuti kegiatan pawai budaya dan alegoris tahun ini. Hal ini dapat dilihat dari ratusan kontingen berpartisifasi dalam kegiatan ini, meliputi pelajar, Pemerintah Nagari, ormas, kelompok masyarakat, dan instansi vertikal, seperti Puskesmas Sungai Dareh dibawah pimpinan drg.Lennita Arifin dan UPT Pendidikan Kecamatan Pulau Punjung yang dikoordinir oleh Indrawati, S.Pd, MMPd.

"Sebagai generasi penerus, kita semua memiliki tanggung jawab penuh untuk bekerja keras dan berkarya demi mengisi kemerdekaan, dengan saling bahu-membahu menata pembangunan bangsa," ulas Lasmita.

Pada kesempatan itu, Lasmita juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Stakeholder yang ikut andil dalam mensukseskan pelaksanaan pawai. Karena tanpa adanya dukungan dan kerjasama yang baik, niscaya keberhasilan itu akan tercapai. (Syaiful Anif/Mashuri)