Berita

Wagub Sumbar Kunjungan Kerja Ke Dharmasraya

Dharmasraya, -- Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Nasrul Abit melakukan serangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Dharmasraya, pada Jumat (9/6).

Pasar "Pabukoan" (Jajan Pembuka Puasa) Koto Baru merupakan lokasi pertama yang dikunjungi oleh Nasrul Abit.

Pada kesempatan itu, pria kelahiran Pesisir Selatan itu, didampingi Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya, ST. M.Taufik, SE, MM. Selain itu, turut mendampingi beberapa pejabat esselon dua dan tiga di lingkup Pemerintah Propinsi Sumatera Barat, Camat Koto Baru, Berlian Oemar, S.Sos dan Walinagari Koto Baru, Z. Lubis, S.Pd.

Pasar Koto Baru dilewati oleh jalan propinsi terlihat sesak karena pedagang tumpah ruah ke bibir jalan, sehingga menghambat lalu lintas kendaraan. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya daya tampung pasar dan sempitnya ruas jalan propinsi yang membelah pasar Koto Baru.

Melihat kondisi tersebut, Nasrul Abit berjanji akan merencanakan pelebaran jalan pasar Koto Baru dalam waktu dekat ini.

"Sesuai dengan harapan masyarakat Dharmasraya, mudah-mudahan satu bulan ke depan pelebaran jalan lintas provinsi terlaksana, disini", ungkapnya.

Selanjutnya, Wagub Sumbar beserta rombongan mengunjungi mesjid Al Ikhlas Koto Baru, Jum'at malam (9/6). Selain untuk menjalin silaturrahmi dengan masyarakat Dharmasraya dan sarana penyampaian pesan-pesan pembangunan, kunjungan tersebut juga wadah penjaringan aspirasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menghimbau Pemerintah Daerah agar melakukan pemekaran wilayah nagari, apabila semua persyaratan telah terpenuhi.

Ia menuturkan, dengan adanya pemekaran, masyarakat semakin dekat dengan pusat pemerintah, sehingga layanan publik dapat diakses dengan cepat dan mudah.

Menanggapi permintaan Bupati Dharmasraya, sekaitan dengan pengelolaan SMA (Sekolah Menengah Atas) yang berada di wilayah Dharmasraya, Nasrul Abit menjelaskan bahwa Pemprop Sumbar akan memberikan perhatian seimbang kepada seluruh SMA, termasuk SMA di Dharmasraya.

Lebih lanjut, Nasrul Abit menyampaikan bahwa tahun pelajaran 2017/2018 ini, akan dioperasikan tiga SMA baru di kabupaten Dharmasraya, yaitu SMA Negeri 01 Sikabau Kecamatan Pulau Punjung, SMA Negeri 02 Sitiung di Taratak Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung dan SMA Negeri 01 Tiumang, di Lagan Jaya Kecamatan Tiumang. Ketiga SMA tersebut merupakan hasil pembangunan pada 2016, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemendikbud RI.

Pemprop Sumbar juga akan melakukan perbaikan jalan dalam waktu dekat ini. Hal ini dilakukan dalam kerangka memberikan kenyamanan berlalu lintas bagi perantau yang akan pulang kampung di saat lebaran. Faktor lain, karena jalan propinsi di Dharmasraya juga akan dipergunakan sebagai lintasan sepeda dalam ajang "Tour de Singkarak", pada 10 Oktober mendatang, imbuhnya..

Selanjutnya, Nasrul Abit mengapresiasi perkembangan Dharmasraya yang demikian pesat. Apalagi di daerah ini banyak investor yang telah menanamkan investasinya dalam berbagai bidang, terutamanya bidang perkebunan sawit dan karet. Saat ini Pemda Dharmasraya sedang berupaya mendatangkan investor pabrik ban dan pabrik pengolah madu lebah.

Pada kesempatan itu, Wagup Sumbar memberikan bantuan untuk pembangunan mesjid sebesar Rp20.000.000 yang diterima langsung oleh Pengurus Mesjid Al Ikhlas Koto Baru, Dharmasraya.(Mc Kab. Dharmasraya)