Berita

156 Mahasiswa Unand Padang Ber-KKN di Kabupaten Dharmasraya

Dharmasraya ,- Sebanyak 156 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) selama tiga bulan di beberapa Nagari di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya Leli Arni, S.Pd, M.Si menyambut secara resmi kehadiran rombongan KKN Unand yang dipimpin langsung oleh Dekan FMIPA Uunand Prof. DR. Mansyurdin, MS, didampingi dua dosen pembimbingnya di Auditorium kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (4/7).

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Irsyad, MM, dan staf ahli Bupati bidang hukum dan organisasi Masheri Yanda Boy, SH, MH.

Dalam sambutannya, Leli Arni menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada pihak Unand yang telah menempatkan beberapa mahasiswanya di Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan kuliah kerja nyata.

"Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sangat berterima kasih atas kepercayaan ini, semoga mahasiswa merasa betah tinggal di Dharmasraya, sehingga dapat mengabdikan diri dengan maksimal," ujarnya.

Ia menambahkan, KKN merupakan ajang pembelajaran bagi mahasiswa dalam kerangka merekatkan diri dengan masyarakat. Kalau di kampus, lebih dominan mempelajari sesuatu hal secara teoritis, maka sekarang saatnya untuk belajar secara praktis bersama masyarakat.

Leli Arni juga berharap, kehadiran mahasiswa KKN memberikan dampak perubahan kepada masyarakat Dharmasraya.

"KKN memang salah satu tuntutan kurikulum perguruan tinggi, tetapi jangan hal itu yang ditonjolkan. Tunjukkanlah pengabdian yang maksimal kepada masyarakat, agar kehadiran peserta KKN lebih berarti bagi masyarakat," imbuhnya.

Pada sisi lain, Dekan FMIPA Unand Prof. DR. Mansyurdin, MS memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang telah menerima mahasiswa KKN Unand, termasuk para walinagarinya (setingkat kepala desa) yang juga memberikan sambutan yang baik.

Mahasiswa KKN akan ditempatkan di beberapa nagari, antara lain di Nagari Sitiung, Siguntur dan Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Nagari Timpeh kecamatan Timpeh, Tabiang Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, dan Nagari Sungai Rumbai Kecamatan Sungai Rumbai. (mashuri)