Berita

450 Satgas Gabungan Hadiri Apel Gelar Pasukan Tur de Singkarak

Dharmasraya,- Sebanyak 450 personil Satgas pengamanan ajang tur de Singkarak etape 3 Sijunjung-Dharmasraya, menghadiri apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Dharmasraya AKBP Roedy Yulianto, S.Ik, MM, di halaman kantor Bupati Dharmasraya, Jum'at (17/11).

Satuan petugas pengamanan tersebut, terdiri dari beberapa elemen, antara lain anggota Polres Dharmasya dengan kekuatan 150 personil, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) sebanyak 100 personil, dan anggota TNI dari Koramil se-Dharmasraya.

Selanjutnya, pasukan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri dengan jumlah personil 40 orang, Dinas Perhubungan sebanyak 80 personil, anggota RAPI dan KPPI Dharmasraya masing-masing 10 personil.

Selain itu, juga ikut bergabung Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMK Negeri 01 Koto Baru sebanyak 20 siswa dan beberapa petugas kesehatan.

Dalam sambutannya, Kapolres Roedy menegaskan, tugas utama satuan petugas keamanan gabungan adalah menjamin pelaksanaan tur de Singkarak etape 3 berjalan aman, lancar dan sukses. Untuk itu dibutuhkan keseriusan seluruh personil serta koordinasi antar kelompok pengaman.

Ditambahkan oleh Kapolres Roedy, setiap kelompok akan menempati pos masing-masing, sesuai dengan titik piloting yang telah ditentukan. Oleh karena itu, setiap personil harus tahu dimana titik pilotingnya, serta memahami deskripsi tugasnya dengan baik.

Dalam melaksanakan pengamanan Tur de Singkarak etape 3 pada Senin (20/11), mempergunakan pakaian seragam dan atribut masing-masing korp, sehingga terkesan lebih khidmat dan bersahaja.

"Anda harus memahami tugas dengan baik, dan mengerti pula hal apa yang tidak boleh dilakukan selama kegiatan pengamanan, nanti," katanya.

Untuk lebih mematangkan kesiapan pasukan keamanan ini, Kapolres Roedy juga menginstruksikan agar dilakukan gladi bersih ba'da Jum'at (17/11), dimana masing-masing kelompok menuju titik piloting yang telah ditentukan.

Pada kesempatan itu, Kapolres Roedy Yulianto juga melaksanakan pemeriksaan pasukan yang didampingi oleh Sekda Kabupaten Dharmasraya Leli Arni, S.Pd, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Irsyad, MM serta Perwira Penghubung Kodim 0310 SSD dan beberapa pejabat esselon II di lingkup Pemkab Dharmasraya. (Mashuri)