Berita

Bupati : Generasi Bangsa Wajib Pertahankan Ideologi Pancasila

Dharmasraya - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjadi inspektur upacara dalam upacara Hari kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (02/10) pagi.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada kesempatan itu mengatakan, sebagai generasi bangsa, dan generasi Dharmasraya kita wajib untuk mempertahankan ideologi pancasila.

" Pancasila harga mati, kita sebagai generasi muda penerus bangsa wajib mempertahankan itu. Kita tidak ingin sejarah kelam kekejaman PKI terulang kembali,"tegasnya.

Dari pantau dilapangan dimana pada upacara yang dimulai pada pukul 08.00 Wib itu, Bupati tampak mengenakan jas PSR. Bupati masuk ke panggung upacara didampingi Ketua DPRD Dharmasraya, Masrul Maas. Jajaran ASN, Pol PP Damkar, TNI, POLRI, serta siswa sekolah, tampak menjadi peserta upacara dalam kesempatan tersebut.

Di samping itu, juga hadir Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, dan Forkopimda Kabupaten Dharmasraya.

Pukul 08.10 WIB, upacara memasuki pembacaan teks pembukaan UUD 1945. Teks dibacakan oleh anggota Koramil Pulau Punjung.

Sementara itu. Ketua DPRD Dharmasraya, Masrul Maas membacakan ikrar Pancasila dipanggung sebelah inspektur upacara berdiri.

Upacara tampak berlangsung khidmat. Peserta upacara beserta tamu undangan seperti ibu persit dan ibu bhayangkari turut membacakan teks pancasila dengan lantang.

Sebagai acara tambahan setelah upacara, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Kenagarian IV Koto Pulau Punjung, senilai Rp 10 juta.

Bantuan diberikan secara simbolis dari Kepala Cabang Bank Nagari Pulau Punjung kepada Bupati dan dilanjutkan kepada Wali Nagari Empat Koto Pulau Punjung. (hms)