Berita

Bupati dan Wabup Pimpin Rapat Evaluasi Terakhir RFK APBD 2018

DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, memimpin langsung rapat evaluasi terakhir Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) APBD tahun 2018, di Auditorium Dharmasraya, Kamis (27/12).

Hadir dalam rapat tersebut Sekda, Adlisman, Staf Ahli Bupati, para Asisten, serta segenap Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Bagian serta Kepala Sub Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Berdasarkan pemaparan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Marten Yunus,

hingga 26 Desember, Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) APBD tahun 2018 telah mencapai 93,27 persen, dari rencana capaian 99,46 persen. Dengan deviasi sebesar 6,19 persen.

"Jika dibandingkan dengan capaian pada tahun lalu di tanggal yang sama, capaian tahun ini lebih tinggi. Karena pada tahun 2017, capaian di tanggal yang sama hanya 91,16 persen," ujar Marten.

Marten memperkirakan, hingga akhir Desember, capaian RFK APBD 2018 akan menyentuh angka 99 persen, sebagaimana yang direncanakan.

Bupati dan wakil bupati dalam kesempatan itu, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah daerah yang sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menyerap anggaran.

Namun demikian, sebut duo pemimpin muda ini, para OPD masih harus melakukan evaluasi dan perbaikan. OPD diminta jangan hanya berfokus pada tingkat serapan anggaran, namun juga perlu memperhatikan efektivitas waktu atau periode serapan anggaran. Dengan begitu, diharapkan serapan anggaran lebih merata setiap triwulan.

"Untuk APBD 2019, saya harap kita semua bisa bekerja lebih baik lagi. Setiap OPD agar bergerak lebih cepat dan jangan lagi mengulang-ulang persoalan yang sama dari tahun ke tahun," tegas bupati.