Berita

Bupati Dharmasraya Hadiri Alek Anak Nagari Tabiang Tinggi

Dharmasraya, - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE menghadiri acara Alek Anak Nagari (Pesta Anak Nagari), yang diselenggarakan di Tabiang Tinggi Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Selasa (18/7).

Turut hadir, anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya H Heri Saputra. SE. MM, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Irsyad. MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adlisman. S. Sos. M.Si, Asisten Administrasi Umum Drs. Martoni, Apt, M.Kes, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sutan Hendri, S.Ikom, dan Urang Gadang Kampuang (tokoh adat) Tabiang Tinggi Bustani Dt. Mangguang.

Dalam sambutannya, Bupati Sutan Riska menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Tabiang Tinggi atas terselenggaranya "Alek Anak Nagari", yang merupakan salah satu sarana efektif untuk melestarikan budaya tradisional.

Ia menambahkan, setidaknya prosesi perhelatan adat dan keagamaan yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Minangkabau secara turun temurun ini, hendaknya dapat diapungkan kembali ke permukaan.

Karena manfaat dari kegiatan ini sangat banyak, antara lain, sebagai sarana untuk mengenali adat dan tata cara pemakaiannya dalam kampung, juga sebagai wadah perekat kekompakan dan semangat kegotong-royongan.

"Kekompakan, dan tradisi gotong-royong warga Nagari Tabiang Tinggi ini, setidaknya dapat menjadi contoh bagi nagari lain," imbuhnya.

Alek anak nagari (Pesta Anak Nagari) merupakan sebuah tradisi yang digelar setiap tahun oleh masyarakat Tabiang Tinggi dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya tradisional. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di rumah gadang (rumah adat) pucuk pimpinan adat Nagari itu, setelah puasa enam hari.

Pada perayaan adat tahun ini, ditampilkan sejumlah tradisi dan kesenian tradisional, antara lain silek harimau yang dipimpin oleh Datuak Salman, tari pasambahan, arak-arakan bundo kanduang, makan bajamba, penampilan silek sonsong, dan lomba fhasion show pakaian adat Minangkabau.

Pada sesi lain, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sutan Hendri, S.Ikom, menuturkan, rangkaian kegiatan "Alek Anak Nagari" Tabiang Tinggi ini, diliput langsung stasiun televis swasta Nasional Trans 7.

Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan salah satu TV swasta, untuk mempromosikan nilai-nilai budaya Dharmasraya. Selain ajang promosi, tayangan acara tersebut juga diharapkan menjadi pembelajaran bagi masyarakat Dharmasraya, khususnya generasi muda. (mhs)