Berita

Bupati Hadiri HUT IBI ke-71, Peresmian Sekretariat IBI Dharmasraya dan Peringatan Hari Ibu ke 94

DHARMASRAYA -- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara HUT IBI ke-71, Peresmian Ikatan Bidan Indonesia Cabang Dharmasraya dan Peringatan Hari Ibu yang ke-94 tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Dharmasraya, Dandim, PD IBI Provinsi Sumatera Barat, Hasnawati, Pembina IBI, Dewi Sutan Riska, Forkopimda dan undangan lainnya. Acara ini dilaksanakan Perumahan Mutiara Garden Nagari Tebing Tinggi, pada hari Selasa, (27/12/22).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merupakan organisasi profesi bidan di Indonesia. Wadah para bidan dalam mencapai tujuan melalui kebijakan peningkatan profesionalisme anggota, guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan berkualitas.

Dengan menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya, dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa serta membina pengetahuan dan keterampilan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta kesejahteraan keluarga.

Tema HUT IBI yang ke-71 pada tahun ini, "Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju". "Mari kita gaungkan tema ini melalui tugas profesi bidan dimanapun bekerja. Saya yakin kita semua bisa melaksanakannya dengan baik," kata Bupati.

Bidan memiliki peran strategis, sebagai kekuatan inti dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak. Termasuk pelayanan keluarga berencana. Karena melalui pelayanan kesehatan tersebut bidan secara langsung telah menjadi pengawal bagi terciptanya generasi yang sehat, unggul dan berkualitas.

Peran bidan sulit untuk digantikan oleh tenaga kesehatan lainnya. Terutama dalam pemeriksaan kehamilan dan persalinan, khususnya dalam pemberian pelayanan secara langsung dan edukasi kepada ibu. Mengingat bidan sangat berperan penting dalam penyelamatan ibu dan bayi.

"Untuk mewujudkan generasi bangsa yang sehat dan berkualitas, dibutuhkan peran bidan dalam penanganan stunting. Karena bidan berperan penting sebagai ujung tombak dalam memajukan dan meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil, bayi dan balita."himbau Bupati.

Kata Bupati, Pembangunan Indonesia tahun 2020-2024 salah satuanya bertujuan untuk membentuk SDM yang berkualitas dan berdaya saing, sehat, cerdas, adaptif, terampil dan berkarakter. SDM berkualitas dimulai sejak periode 1000 hari pertama kehidupan.

"Pada kesempatan ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Serta ucapan terima kasih kepada Pengurus IBI yang lama dan yang baru," pungkasnya.(***)