Berita

Bupati Sutan Riska Launching Website Rumah Data Dharmasraya

DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melaunching secara resmi website Rumah Data Dharmasraya. Launching ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan sosialisasi pengelolaan statistik sektoral, yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya, di Aula Lantai II Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (03/09).

Launching website Rumah Data Dharmasraya ini juga seiring dengan telah diluncurkannya program Dharmasraya Smart City oleh pemerintah daerah. Dimana, data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi serta mudah diakses, menjadi salah satu indikator yang harus dimiliki dalam pelaksanaan program ini.

"Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan MoU untuk pembangunan Command Centre. Tahun 2020 kita targetkan sudah beroperasi. Jadi jangan sampai, Command Centre sudah kita bangun dengan dana miliaran, tapi tidak membawa manfaat dalam menunjang kinerja kita di pemerintahan, lantaran tata kelola data belum dilaksanakan dengan baik," tegas bupati.

Maka dari itu, bupati menekankan kepada seluruh perangkat daerah, termasuk camat dan wali nagari, untuk bersama-sama mensukseskan terwujudnya Rumah Data Dharmasraya yang akan menjadi sumber data tunggal untuk dimanfaatkan sebagai rujukan dalam pengambilan kebijakan pada setiap program yang akan dilaksanakan.

"Dengan begitu, kita berharap pengambilan kebijakan dan pelayanan publik menjadi lebih cepat dan tepat sasaran," pungkas bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika Kabupaten Dharmasraya, ST. Taufik, Kepala BPS Sumatera Barat, Sukardi, Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informasi Dinas Kominfo Sumbar, Oni Fajar Syahdi, Kepala BPS Dharmasraya dan segenap Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Wali Nagari di lingkungan Pemkab Dharmasraya.