Berita

BURSA TENAGA KERJA SEDIAKAN 3233 LOWONGAN KERJA

Sutan Riska : Kesempatan Bagi Putra Daerah Untuk Berkompetisi

Pemerintahan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan menguatkan komitmen untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Dharmasraya, dengan kembali digelarnya Job Fair/Pameran Bursa Kerja di momen hari jadi kabupaten, melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja.

Bila tahun lalu job fair ini melibatkan 33 perusahaan dari dalam dan luar Dharmasraya, kini meningkat jadi 38 perusahaan dengan 3.233 lowongan pekerjaan yang tersedia. Perusahaan-perusahaan yang terlibat itu diantaranya ada yang bergerak di bidang perbankan, perkebunan, perhotelan dan lain sebagainya.

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat membuka secara resmi Job Fair yang diselenggarakan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (06/01/20), menyampaikan, kembali digelarnya pameran bursa kerja ini adalah bentuk upaya pemerintah daerah dalam memperluas kesempatan kerja bagi para angkatan kerja, khususnya di Kabupaten Dharmasraya.

Dikatakan bupati, pada tahun 2019 lalu, job fair yang digelar Pemerintah Kabupaten Dharmasraya telah behasil menyerap 471 orang angkatan kerja, yang tersebar di perusahan dalam daerah, luar daerah bahkan luar negeri.

"Tahun ini kembali kita dilaksanakan, dengan harapan ada lebih banyak lagi angkatan kerja di Dharmasraya yang memperoleh pekerjaan. Dengan begitu, angka pengangguran dapat berkurang serta memberikan secercah harapan bagi peningkatan ekonomi masyarakat," ujar bupati.

Bupati juga mengatakan, dirinya bersama Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan akan tetap komit untuk menyenggalarakan job fair setiap tahunnya. "Namun demikian, saya harap, para angkatan kerja juga agar senantiasa dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki. Karena saat ini, di berbagai perusahaan pada umumnya, itu yang dilihat, kompetensi dan keahlian. Bukan lagi berapa IPnya, bukan lagi soal kursus apa yang dia ikuti, bukan juga berapa sertufikat yang ia peroleh. Untuk itu, terus tingkatkan kompetensi diri, agar siap bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif," pesan bupati.

Di akhir sambutannya, bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh perusahaan yang sudah ikut berpartisipasi, serta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar dan pihak terkait lainnya yang sudah mendukung pelaksanaan pameran bursa kerja ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Wilson, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang kembali melaksanakan Job Fair sebagai bentuk upaya menekan angka pengangguran terbuka di wilayah Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Dharmasraya.

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar, sebut Wilson, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Dharmasraya pada tahun 2019 mencapai 5,08 persen dari 107 ribu jumlah angkatan kerja. Itu artinya, ada sekitar 5.400 pengangguran di Dharmasraya. "Untuk itu, besar harapan kita, job fair yang digelar ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Sehingga TPT yang mencapai 5,08 persen tersebut sedikit demi sedikut dapat dikurangi," tandas Wilson.

Wilson juga berharap, kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat dapat melaksanakan hal serupa untuk menanggulangi angka penggangguran terbuka di Sumbar.

Selain Pameran Bursa Kerja, Pemkab Dharmasraya melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja yang berada di bawah komando Kepala Dinas Marten Yunus, juga membuka stand perekrutan peserta pelatihan kompetensi serta stand pengurusan AK1 di lokasi yang sama. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, hingga tanggal 7 Januari 2020.

Adapun, acara pembukaan Job Fair ini juga turut dihadiri oleh Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman, Kepala BP3TKI, Pimpinan Perusahaan dan sejumlah Kepala Dinas yang mengurus bidang ketenagakerjaan di Provinsi Sumatera Barat.