Berita

Dharmasraya Ambil Bagian di Apkasi Otonomi Expo 2017

Humas Pemkab Dharmasraya - Dipimpin oleh pemimpin termuda seindonesia, menjadikan Kabupaten Dharmasraya terus dikenal dimata Nasional dan Kabupaten, Kota seindonesia.

Dalam momentum Apkasi Otonomi Expo (AEO) 2017 dan rapat kerja nasional (Rakernas) APKASI, Kabupaten Dharmasraya ambil bagian untuk mengikuti AOE 2017 dengan mendirikan stand pameran dan menampilkan potensi-potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam momentum pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2017 disela-sela setelah pembukaan menyambangi Bapak Presiden Jokowi untuk menyampaikan secara langsung kepada Presiden tentang perkembangan Kabupaten Dharmasraya yang masih sangat butuh disentuh oleh dana pusat.

"Kita menyampaikan perkembangan Kabupaten Dharmasraya , serta kondisi pembangunan yang ada dan masih sangat butuh sentuhan dana pusat. Kita juga menyampaikan keinginan masyarakat kita agar Bapak Presiden bisa berkunjung di Kabupaten Dharmasraya,"jelasnya.

Kata Bupati, apa yang disampaikan mendapat respon positif dari bapak Presiden. "Alhamdulillah mendapat respon yang sangat baik,"tegasnya.

Bupati Dharmasraya dalam kesempatan itu juga menyampaikan, momentum Apkasi Otonomi Expo 2017 ini dijadikan sebagai ajang pengenalan potensi daerah yang ada di Kabupaten Dharmasraya agar Dharmasraya lebih dikenal dimata nasional maupun internasional.

"Peserta yang hadir pada kegiatan APKASI 2017 ini adalah seluruh pimpinan daerah kabupaten se Indonesia, serta duta besar Negara-negara Sahabat dan para investor dalam dan luar negeri. Disini kesempatan kita mengenalkan Dharmasraya serta potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Dharmasraya."tegasnya.

Sementara itu, dalam sambutan yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam pembukaan AE0 2017 mengingatkan kepala daerah di masing-masing kabupaten untuk menyadari perubahan dunia yang begitu cepat.

Jokowi, berkali-kali mengatakan dalam beberapa kesempatan, bahwa di belahan dunia lain, teknologi sudah dikembangkan dengan amat modern.

"Dulu kita baru tahu yang namanya internet, lalu sudah ada mobile internet sekarang sudah ada artificial intelejen (kecerdasan buatan)," jelasnya di JCC Senayan Jakarta, Rabu (19/7).

Selanjutnya, Jokowi kembali mengelu-elukan seorang miliarder, Elon Musk yang telah berhasil mengembangkan mobil masa depan, Tesla.

"Saya sudah pernah bilang berkali-kali soal Elon Musk tentang hyperloop nya dimana orang sudah bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan begitu cepatnya," terangnya.

Begitupun, dalam hal transaksi perdagangan, dulu transaksi bisa digunakan dengan cara tunai atau bayar ditempat. Sebentar lagi bukan hanya mobile banking, namun transaksi pembayaran bisa dilakukan hanya dengan paypal.

"Paypal ini akan datang ke negara kita. Kita hanya jadi pasar dan bisa tidak dapat keuntungan apa-apa jika tidak mampu mengantisipasi," tuturnya

Jokowi menyebut, ini sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk mengantisipasi perubahan yang begitu cepatnya supaya tidak tertinggal.

Dia bilang, kunci sukses supaya daerah tidak ketinggalan adalah dengan tiga cara yakni inovasi, kreatifitas yang terus menerus dan mengembangkan enterpreneurship.

"Tiga hal ini jadi kewajiban bersama. Kita memenangkan persaingan," jelasnya. (hms)