Berita

Dharmasraya Nominator Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2017

Humas Pemkab Dharmasraya -- Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Kadis BLH, Bappeda, Jumat (7/7), dihadapan tim independen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KEMEN LHK) memaparkan program pengelolaan lingkungan hidup dalam penilaian tahap akhir sebagai nominator penerimaan penghargaan Nirwasita Tantra Award 2017.

Kabupaten Dharmasraya menjadi nominator untuk penerimaan Nirwasita Tantra Award 2017 bersama kabupaten lainnya se Indonesia yang masuk nominator diantaranya Kabupaten Jombang, Tulung Agung, Malang, Lumajang, Tanjung Jabung Timur, Kerinci, Lamongan, Sukoharjo, Madiun, Pesisir Selatan dan Kabupaten Sleman.

Bagi Kabupaten Dharmasraya dimasa kepemerintahan Sutan Riska Tuanku Kerajaan, tahun sebelumnya yakni tahun 2016 Dharmasraya telah berhasil menerima penghargaan Nirwasita Tantra Award 2017 diurutan kedua.

Dari informasi yang didapat, dimana Bupati Dharmasraya Sutan Riska memaparkan presentasi dihadapan tim independent yang berjumlah 8 orang di Gedung Rimbawan II Kantor Kementrian LHK Jakarta.

Dalam pemaparan tersebut, Sutan Riska membeberkan program-program yang telah dilakukan Kabupaten Dharmasraya dalam menjaga lingkungan

Dihadapan para juri, Bupati menyatakan komitmennya dalam melestarikan lingkungan hidup. Menurutnya, bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup pihaknya memiliki komitmen tinggi untuk melestarikan lingkungan hidup demi kesejahteraan masyarakat.

"Komitmen ini telah kita lakukan sejak awal, hingga saat ini. Sebelumnya kita berhasil meraih terbaik dua, dan kita berharap tahun ini kita menjadi yang terbaik,"tegasnya.

Seperti diketahui dimana Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi kepala daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Penghargaan ini merupakan penilaian terhadap kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan lingkungan yang akan diumunkan pada peringatan hari lingkungan hidup.

Dalam penilaian tahap akhir ini, ada 8 provinsi dan 8 Kota serta 12 kabupaten yang masuk tahapan akhir wawancara.

Sebelumnya sebanyak 24 provinsi, 40 kota dan 109 kabupaten yang mengikuti tahapan penilaian ini.

Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi kepala daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup. (hms)