Berita

DHARMASRAYA TERIMA PENGHARGAAN KABUPATEN MAJU

DHARMASRAYA - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berhasil meningkatkan status kabupaten berkembang menjadi kabupaten maju sesuai klasifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021. Keberhasilan tersebut tertuang dalam keputusan Dirjen Pembangunan Desa dan Persedaan Kementerian Desa, PDT dan Transmingrasi, Nomor : 398.4.1 Tahun 2021.

Atas prestasi tersebut, Gubernur Sumatera Barat, menyerahkan penghargaan yang diterima Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Hasto Kuncoro di Padang, Selasa (21/12).

"Alhamdulillah, usaha terus menerus dan dukungan penuh dari Pak Bupati, kita dapat meningkatkan Indeks Desa Membangun dari berkembang menjadi maju", ucap Hasto ketika dihubung pagi ini.

Labih lanjut, keberhasilan ini kata Hasto tidak terlepas dari komitmen Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan untuk mengerahkan semua potensi dan dukungan untuk memajukan 52 Nagari di Kabupaten Dharmasraya.

Dukungan Ketua Apkasi tersebut lanjut Hasto, diwujudkan melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan OPD dalam rangka mendukung pencapaian indeks yang ditetapkan Kemendes.

Atas dukungan dukungan terang Hasto, membuat Nagari di Kabupaten Dharmasraya memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan.

Indeks Desa Membangun adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk mengukur kemandirian suatu Desa melalui analisis dan nilai komposit seluruh nilai skoring masing-masing indikator terpilih berdasarkan konsep kebijakan pembangunan yang ditetapkan serta otoritas kewenangan, tugas dan fungsi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)