Berita

Dinas Kominfo Dharmasraya Latih 120 Tenaga Survei Data Sektoral

Dharmasraya- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Dharmasraya menyelenggarakan "Sosialisasi Statistik Sektoral dan Pelatihan Tenaga Survei OPD dan Nagari di Hotel Jakarta Indah Pulau Punjung, selama dua hari dari 14 sampai 15 November 2017.

Kegiatan diikuti oleh 120 peserta terdiri atas unsur perangkat daerah, staf kecamatan dan Pemerintahan Nagari (Pemnag) se Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dharmasrya Leli Arni, S.Pd, M.Si, Selasa (14/11).

Turut hadir Kabid pelayanan informasi Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Ir. Nurfitrisman, MM, perwakilan BPS Provinsi Sumatera Barat Ichsan dan Kepala BPS Kabupaten Dharmasraya Chardiman, S.ST, MM.

Dalam sambutannya, Sekda Leli Arni mengingatkan pentingnya eksistensi data menyusun perencanaan dan pengawasan kegiatan pembangunan daerah. Untuk itu, Leli mengimbau agar tenaga yang telah dilatih ini dapat melaksanakan tugas penghimpunan dan pengolahan data sektoral dengan sungguh-sungguh.

Ditambahkan oleh Leli, perencanaan kegiatan daerah perlu didukung oleh data yang lengkap dan akurat. Guna mewujudkan data yang memiliki akurasi yang tinggi, perlu adanya kerjasama dan koordinasi antar instansi, sehingga produk data itu selaras pada setiap lembaga/instansi.

"Kita ingin keluaran data itu seragam, jangan sampai data dengan objek yang sama menjadi berbeda karena instansi yang merilisnya berbeda. Misalnya data angka putus sekolah (APS) di instansi tertentu berbeda dengan instansi lainnya", tegasnya.

Pada kesempatan lain, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Marlisna, SE, MM menjelaskan, rangkaian kegiatan di Hotel Jakarta Indah meliputi dua tahapan, yaitu sosialisasi statistik sektoral dan pelatihan tenaga survei OPD dan Nagari. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada 14 Nopember 2017 dengan peserta seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Walinagari se Kabupaten Dharmasraya.

Pada hari kedua (15/11) di tempat yang sama akan dilaksanakan pelatihan tenaga survei data OPD dan Nagari dengan jumlah peserta 120 orang, terdiri dari staf OPD, kecamatan dan Pemerintahan Nagari (Pemnag) se Kabupaten Dharmasraya.

Ditambahkannya, setelah kegiatan ini semua tenaga survei diharapkan dapat melakukan penghimpunan data di instansinya masing-masing. Selanjutnya semua data nagari dan OPD itu diintegrasikan dalam sebuah sistem informasi daerah, dalam upaya mewujudkan Dharmasraya Satu Data (DSD). (Mashuri)