Berita

Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya Bekali Operator SKPD

Dharmasraya, - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Dharmasraya memberikan pembekalan kepada Empat Puluh Satu (41) operator atau admin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Kabupaten Dharmasraya, di ruangan pertemuan Dinas Kominfo, Sikabau, Kamis (6/7).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti surat dari Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat Nomor S-841/PW03/6/2017 tanggal 4 Mei 2017 perihal Pendataan e-mail resmi/kedinasan Mitra Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya, ST. M. Taufik, SE, MM didampingi Sekretarisnya Hendri, S.Ag, M.Si, di ruang kerjanya, Kamis (6/7).

Ia menuturkan, bahwa Dinas Kominfo telah memfasilitasi pembuatan e-mail untuk seluruh SKPD se Kabupaten Dharmasraya dengan menggunakan domain "dharmasrayakab.go.id" yang terkoneksi dengan server Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya.

"Kita harapkan semua SKPD menggunakan e-mail tersebut, sehingga data dan informasinya lebih aman dari gangguan hacker," katanya.

Pada kesempatan lain, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Mashuri, Thaib, M. Pd, menjelaskan, para operator SKPD tidak hanya bertanggungjawab mengelola e-mail saja, melainkan juga mampu memberikan informasi melalui website resmi SKPD masing-masing.

Selanjutnya, Mashuri berharap agar operator SKPD harus rajin membuka e-mailnya setiap hari, karena sebagian surat akan dikelola secara elektronik.

Disamping itu, Kasi Pengelolahan Informasi dan Komunikasi Publik, Adel Wiratama, S.T, M.Cio, sangat senang melihat tingginya animo peserta pembekalan. "Semoga kondisi seperti ini terus berlanjut, dalam mengelola e-mail dan mengisi berita pada website SKPD, nantinya," katanya.

Alumni STT Telkom Padang 2008 ini menjelaskan, kegiatan ini awalnya akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan lalu, namun baru sekarang bisa terlaksana. Ia menambahkan, bahwa sangat mudah mengoperasikan e-mail resmi, karena sudah memakai server milik sendiri dan tidak menumpang pada server milik swasta.

Diharapkan setelah pembekalan ini, admin atau operator masing-masing SKPD dapat menggunakan fasilitas alamat e-mail resmi ini untuk mendukung kegiatan administrasi di kantor agar lebih cepat dan lebih hemat, sehingga tidak banyak menggunakan kertas dan tinta, imbuhnya. (Hdr)