Berita

Dinas Pangan dan Perikanan Bersama Forikan Gelar Lomba Masak Serba Ikan

DHARMASRAYA - Dinas Pangan dan Perikanan bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Dharmasraya menyelenggarakan Lomba Masak Serba Ikan dan Produk Olahan Ikan, di Auditorium Dharmasraya, Rabu (12/11). Kegiatan lomba yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, itu diikuti oleh TP PKK utusan 11 kecamatan dan juga dari masyarakat umum.

Plt Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya, Budi Waluyo, dalam laporannya menyampaikan, lomba yang merupakan agenda tahunan Dinas Pangan dan Perikanan ini selain bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di kalangan masyarakat, dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, juga bertujuan untuk pengembangan sektor UMKM di Kabupaten Dharmasraya.

"Kita turut melibatkan praktisi usaha sebagai dewan juri dalam lomba ini, dengan harapan beragam produk olahan ikan yang dihasilkan oleh masyarakat ini nantinya mendapat perhatian dan dilirik untuk dipasarkan di gerai-gerai, minimarket dan untuk sejumlah peluang usaha lainnya. Sehingga memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar Budi.

Pemenang lomba masak serba ikan ini, ujar Budi menambahkan, juga akan mendapat pembinaan khusus dari Dinas Pangan dan Perikanan nantinya. Kemudian juga akan diutus untuk mewakili Kabupaten Dharmasraya mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun depan.

Hal Senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Forikan Kabupaten Dharmasraya Ny. Dewi Sutan Riska dalam kesempatan yang sama. Selain bentuk kampanye makan ikan dan menciptakan keanekaragaman pangan ikan di tengah-tengah masyarakat, lomba ini juga ditujukan untuk mendorong produk olahan ikan masyarakat agar bisa menembus pasar yang lebih luas seperti Swalayan. Karena menurutnya, selama ini produk olahan ikan yang dihasilkan oleh masyarakat Dharmasraya masih dipasarkan secara sederhana dan hanya diketahui oleh kalangan terbatas.

"Maka dari itu, dengan melibatkan General Manager minimarket dan swalayan sebagai dewan juri dalam lomba ini, kiranya dapat menarik minat pengelola swalayan atau minimarket untuk ikut memasarkan produk olahan ikan di tokonya," tukas Dewi.

Sementara itu Sekda Dharmasraya, Adlisman, saat membuka secara resmi kegiatan lomba tersebut menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya yang telah menyelenggarakan acara ini. Yang tidak hanya untuk memasyarakatkan makan ikan di tengah masyarakat, namun juga sebagai upaya untuk pengembangan produk olahan ikan guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

"Semoga, apa yang kita harapkan dari terselenggaranya acara ini dapat tercapai. Kualitas SDM meningkat karena gemar makan ikan, budidaya perikanan ikut meningkat, UMKM produk olahan ikan berkembang dan ekonomi masyarakat semakin bertumbuh," ujar Adlisman.

Namun tentu, untuk mencapai itu, imbuh Adlisman, tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Melainkan butuh komitmen dan gerakan bersama yang berkesinambungan dari seluruh stakeholder. "Maka dari itu, mari berkolaborasi untuk mensukseskannya," pungkas Adlisman.