Berita

DINSOSP3APPKB LAKSANAKAN PELAYANAN KB/KR DI DAERAH PERBATASAN

Rabu (9/10) Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINSOSP3APPKB) Kabupaten Dharmasraya mengadakan kegiatan pelayanan KB/KR di daerah perbatasan yang bertempat di klinik kesehatan PT TKA Divisi II Jorong Bukit IX, Nagari Alahan Nan Tigo Kecamatan Asam Jujuhan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat H. Syahrudin, SH, M.Si, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi MHD Rizal, SE,ME, Sekretaris DINSOSP3APPKB Kabupaten Dharmasraya Nizar, ST, Kepala Bidang PPKB DINSOSP2KB dan P3A Kabupaten Bungo, Camat Asam Jujuhan, dan Manager PT TKA .

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat menyatakan bahwa upaya pengendalian penduduk dan keluarga berencana di era sekarang ini harus dipandang sebagai komponen input yang akan berdampak pada pembangunan kualitas penduduk dan kesejahteraan. Dengan menguatkan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dapat mencegah berbagai pengeluaran yang tidak diperlukan baik dari sisi penduduk itu sendiri maupun pemerintah.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris DINSOP3APPKB Kabupaten Dharmasraya Nizar, ST menyatakan bahwa pemerintah Kabupaten Dharmasraya mendukung program KKBPK sebagai investasi penting pembangunan dan berupaya meningkatkan kesertaan Keluarga Berencana bersama antar lintas sektoral di Kabupaten Dharmasraya. Pelayanan KB Gratis yang diselenggarakan di wilayah perbatasan sebagai upaya pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam memenuhi pelayanan KB kepada masyarakat dan menurunkan angka unmet need.

Pada moment ini, jumlah masyarakat yang mendapatkan pelayanan KB Gratis sebanyak 64 orang akseptor Implant, 15 orang akseptor suntik. Kemudian Panitia juga menyelenggarakan penyuluhan Pemantapan Promosi dan Konseling Kesehatan dan Hak-Hak Reproduksi di DTPK dengan peserta kader program KKBPK se-Kecamatan Asam Jujuhan. Ayo Ikut KB. Kalau Terencana, Semua Jadi Mudah.