Berita

Disdik Dharmasraya Kagumi Desain RKB SMP Negeri 4 Koto Baru

Dharmasrya, -- Para petinggi Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya mengagumi desain Ruang Kelas Baru (RKB) SMP Negeri 4 Koto Baru. Pasalnya, RKB yang dikerjakan oleh CV. Banyu Biru itu didesain dengan latar warna warni, sehingga terkesan unik dan menarik.

Rasa kagum itu muncul pertama kali dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Marius, S.Pd, MM saat berkunjung ke lokasi pada Selasa (3/10). "Luar biasa dekorasinya, semoga hal ini menambah daya tarik siswa untuk lebih betah di kelas," katanya.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Pendidikan Reno Lazuardi, S.Pd, M.Si juga menyampaikan apresiasinya, "Mantap dan keren, cocok dengan paradigma pendidikan abad 21, elegan dan kekinian. Kita juga mengapresiasi pihak rekanan dan konsultan dengan kerja bagusnya," ungkap Reno.

Pada kesempatan lain, Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Pendidikan Dasar, Husnul Afra, S.Pd di ruang kerjanya, Selasa (3/10) sore, mengatakan bangunan kelas baru SMP Negeri 4 Koto Baru memang terbilang unik, karena dihiasi dengan beberapa pola berwarna-warni.

Namun kualitas bangunannya tetap bagus, sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang tertuang dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB).

"Unik dan nyentrik. Semula saya ragu hasil pekerjaan ini tidak disetujui pimpinan, namun Alhamdulillah para petinggi Dinas Pendidikan Dharmasraya memberikan aplaus. Bahkan Kepala Dinas Pendidikan menganjurkan agar kelas lain juga didisain seperti itu," kata Afra bangga.

Lebih lanjut ia menambahkan, fenomena RKB unik ini juga mendapat respon positif dari guru dan siswa SMP Negeri 4 Koto Baru. Beberapa siswa menyatakan keinginannya untuk segera menempati kelas tersebut.

Sementara siswa dari kelas lain, minta agar kelas mereka juga didisain seperti kelas baru ini. Semoga kondisi ini dapat membangkitkan motivasi siswa untuk lebih giat belajar.

Menurut Afra, pada 2017 Dinas Pendidikan Dharmasraya membangun 4 unit RKB dan 4 paket mobiler untuk jenjang SMP, yaitu RKB SMP Negeri 4 Koto Baru, SMP Negeri 3 Pulau Punjung, SMP Negeri 4 Timpeh dan SMP Negeri 2 IX Koto.

Sementara kegiatan sarana prasarana untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), meliputi penambahan 1 unit RKB SD Negeri 1 Asam Jujuhan dan Rehab untuk SD Negeri 4 Asam Jujuhan. Semua pembiayaannya bersumber dari APBD Kabupaten Dharmasraya Tahun 2017, imbuhnya. (Mashuri)