Berita

Dolizal Putra dan Nellam Sari Surahman Uda Uni Dharmasraya 2017

Dharmasraya, - Dolizal Putra dan Nellam Sari Surahman, masing-masing terpilih menjadi sebagai Uda dan Uni Dharmasraya tahun 2017, pada ajang Pemilihan Uda Uni Dharmasraya 2017 yang berlangsung di Pulau Punjung, Dharmasraya, selama sembilan hari, dari 1 sampai 9 Agustus 2017.

Atas keberhasilannya, selain mendapatkan trophy, sepasang Duta Wisata Budaya tersebut juga berhak atas bonus sebesar Rp2.000.000.

Pengumunan peserta yang terpilih menjadi Uda dan Uni Dharmasraya Tahun 2017 tersebut, disampaikan oleh panitia saat malam resepsi, yang berlangsung pada Rabu (9/8) malam, di halaman kantor Bupati Dharmasraya.

Pengalungan selempang kebesaran Uda Uni diserahkan langsung oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya, Sutan Hendri, S.Ikom.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya menyelenggarakan ajang Pemilihan Uda Uni Dharmasraya 2017 selama sembilan hari, mulai 1 sampai 9 Agustus 2017 di Pulau Punjung, Dharmasraya.

Dari 130 peserta pada seleksi awal, terpilih 15 pasang finalis yang dikarantina selama 3 hari, dari 4 sampai 6 Agustus 2017, di asrama Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pulau Punjung. Para finalis itu akan memperebutkan predikat Uda Uni Dharmasraya, yang akan dijadikan Duta Wisata Budaya Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengimbau duta Dharmasraya untuk senantiasa meningkatkan wawasan tentang seluk beluk budaya lokal, sehingga dapat mempromosikannya kepada masyakat luas.

Hal lain yang kalah pentingnya, Uda dan Uni terpilih harus mampu bersikap dan bertindak sebagai seorang jawara, yang bisa diteladani oleh teman sebayanya.

"Uda Uni Dharmasraya harus mampu menjadi teladan bagi generasi muda dalam berbagai bidang. Selain itu, sebagai duta juga dituntut mengembangkan seni budaya Dharmasraya, serta aktif mempromosikan produk-produk wisata, dan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Dharmasraya kepada para wisatawan," katanya.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya Sutan Hendri, S.Ikom melalui Kabid. Pariwisata Benny Mandala Putra, S.STP, menuturkan, dalam ajang pemilihan Uda Uni Dharmasraya 2017, terdapat tujuh kategori.

Ketujuh kategori tersebut adalah pemilihan Uda Uni Dharmasraya yang akan menjadi Duta Wisata/Budaya, Wakil Uda Uni Dharmasraya, Duta Pendidikan dan Duta Olahraga yang dikhususkan bagi pelajar SMA. Kategori lain adalah pemilihan Duta Lingkungan Hidup, Uda Uni Persahabatan dan Uda Uni Favorit.

Pada kategori Uda Uni Duta Lingkungan Hidup terpilih Ridho Herdi dan Atika Duita Sari, Uda Uni Persahabatan diraih oleh Dero Tiga Angra dan Dian Fungna Sari Azwar, dan Uda Uni Favorit Yodi Setiawan dan Rezi Oktania.

Selanjutnya, Uda Uni Olahraga diraih farel Oriano dan Rahmadani, Uda Uni Duta Pendidikan Dedi Irawan dan Nabila Herman serta Uda Uni Wakil 1 Trian Abadi Rahman dan Putri Nanda Tujuas.

Bagi finalis yang telah dinobatkan sebagai duta, diharapkan mampu menjadi pioner dalam bidangnya masing-masing, misalnya duta lingkungan hidup, harus mampu meningkatkan wawasannya tentang tata kelola lingkungan yang baik.

Sehingga mampu memberikan sugesti kepada masyarakat untuk memelihara lingkungannya dari berbagai tindakan pencemaran.

Khususnya untuk Uda Uni Dharmasraya akan diberikan pembinaan lebih lanjut, karena akan menjadi peserta dalam ajang yang sama pada tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang akan berlangsung di Padang pada awal Nopember, mendatang. (Msh)