Berita

Grup Tari PAUD Kecamatan IX Koto Terbaik Dharmasraya 2017

Dharmasraya, - Grup tari Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kecamatan IX Koto berhasil meraih juara pertama dalam "Lomba Pentas Seni" Tingkat Kabupaten Dharmasraya, di auditorium kantor Bupati Dharmasraya, Jum'at (11/8).

Grup tari IX koto membawakan tari "Mandulang Ameh" yang mengisahkan tentang tradisi masyarakat dalam menambang emas secara tradisional.

Menurut salah seorang panitia pelaksana, Eza Mailida, S.Pd, kelebihan grup tari ini terletak pada aspek originalitasnya, dimana semua gerakan tari merupakan kreatifitasnya sendiri. Selain itu, musik yang mengiringi tari yang diasuh oleh Helma Juita itu, juga diarensemen sendiri.

Selanjutnya, juara dua dan tiga, masing-masing diraih oleh grup tari Kecamatan Tiumang dan Koto Baru.

Lomba pentas seni ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Jambore PAUD Tingkat Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Marius, S.Pd, MM.

Dalam arahannya, Marius mengimbau, agar Jambore PAUD dijadikan sebagai sarana mempererat persaudaraan sesama praktisi PAUD. Tujuan hakikinya, adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri murid-murid PAUD dan menumbuhkan daya kreatifitas guru dan murid PAUD, terutama dalam bidang seni.

Pada kesempatan lain, Kasi Kesiswaan dan Pendidikan Karakter PAUD Bertiza Handayani, M.Pd, menuturkan, dalam Jambore PAUD kali ini, digelar serangkaian kegiatan, mencakup senam massal yang diikuti oleh guru dan murid PAUD se-Kabupaten Dharmasraya.

Kemudian, dilanjutkan dengan lomba mewarnai bagi murid Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang diikuti 266 peserta. Kegiatan lain adalah lomba pentas seni, yang diikuti oleh 11 grup tari utusan kecamatan. Dalam lomba pentas seni, peserta dapat memadukan seni suara dengan tari dan puisi.

Ia menambahkan, peserta lomba mewarnai bersifat perorangan berasal dari seluruh lembaga PAUD se-Kabupaten Dharmasraya, meliputi lembaga KB dan TK. Sedangkan peserta lomba pentas seni bersifat grup, dan grup tari PAUD kecamatan IX Koto berhasil menjadi yang terbaik.

Dalam perlombaan mewarnai kategori Kelompok Bermain, juara pertama diraih murid KB Mutiara Bunda Sitiung, disusul juara kedua KB Mawar Jingga Sitiung dan juara ketiga KB Permata Hati Sungai Rumbai.

Untuk kategori Taman Kanak-kanak, juara pertama diraih oleh murid TK Negeri 01 Koto Baru, juara kedua TK Darul Ilmi Gunung Medan dan juara ketiga TK Aisyiah Bustanul Athfal Pulau Punjung(mashuri)