Berita

Islami Center Bertaraf Internasional Akan Di Bangun Di Dharmasraya

Humas Pemkab Dharmasraya- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dibawah kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Amrizal Dt Rajo Medan, akan membangun islamic center bertaraf internasional.

Rencana pembangunan islamic center ini didukung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Pertanian Republik Indonesia, dimana Balitbang Kementan RI menghibahkan tanah untuk pembangunan islamic center bertaraf internasional.

"Alhamdulillah rencana besar kita membangun islamic center mendapat dukungan dari Kementrian Pertanian, asset tanah mereka yang ada di Gunung Medan akan dihibbahkan kepada pemerintah untuk pembangunan islamic center bertaraf internasional," ungkap Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Selasa (18/9).

Dikatakannya, saat ini, tim dari Balitbang Kementan RI langsung turun kelokasi untuk meninjau rencana lokasi yang akan dihibbahkan kepada pemerintah daerah.

" Alhamdulillah mereka sepakat untuk menghibbahkan tanah kepemerintah dan sepakat untuk ikut menyukseskan pembangunan tersebut dengan memperpadukan wisata religi da agro wisata buah dan sayur,"tegasnya.

Kata Bupati, konsep pembangunan islamic center bertaraf internasional ini memperpadukan wisata religi dengan agro wisata buah dan sayur.

"Insya Allah tahun 2018 sudah kita anggarkan pembangunannya, kita minta doa restu dari seluruh masyarakat Dharmasraya. Islamic center bertaraf internasional ini akan menjadi salah satu ikon untuk kabupaten Dharmasraya,"tegasnya.

Sekretaris Balitbang Kementan RI DR Ir M Prayutbi, disela-sela peninjauan mengatakan, dimana pihaknya diperintah oleh Menteri Pertanian untuk meninjau langsung lokasi yang rencana akan dihibbahkan untuk pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang akan dipergunakan untuk membangun islamic center.

"Pada prinsipnya kita mensupport, saat ini kita akan buatkan berita acara dan kemudian nanti akan kita serahkan ke pemerintah daerah,"jelasnya.

Kata Prayutbi, konsep yang telah direncanakan oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska, memperpadukan antara wisata religi dengan agro wisata buah dan sayur merupakan inovasi yang sangat bagus dan merupakan yang pertama di Indonesia.

"Ini sangat bagus, mengingat posisi pembangunan di Jalan Lintas Sumatera dan tentu menjadi tempat persinggahan tak hanya untuk masyarakat Dharmasraya tetapi juga untuk masyarakat yang melalui Dharmasraya,"tandasnya.

Dari pantauan dilapangan dimana Tim dipimpin langsung oleh Sekretaris balitbang DR.Ir M.Prayubdi, dengan meng ikutsertakan Tim Aset Balitbang, kepala BPPT Sumatera Barat DR.Ir. Candra Indianto, MSc, Kepala Tanah Kebun Percobaan Situng Ir. Sadar.

Kedatangan Tim Balitbang Pertanian di sambut langsung 0leh Bupati Sutan Riska, Sekretaris Leli Arni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adlisman , Kadis Pertanian Darisman dan Pejabat lainya di rumah dinas Bupati. (hms)