Berita

Lomba PTK Berprestasi Provinsi Sumbar, Tiga PTK Dharmasraya Raih Juara 3

Dharmasraya,-Tiga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dharmasraya berhasil meraih juara tiga dalam Lomba PTK Berprestasi Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Provinsi Sumatera Barat.

Lomba ini digelar di aula Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat, Padang pada 18 sampai 21 Juni 2017.

Pada Kegiatan yang diikuti oleh seluruh PTK kabupaten/kota se-Sumatera Barat itu, Dharmasraya mengirimkan delapan utusan, mencakup dua pengawas sekolah, dua kepala sekolah dan empat guru dari jenjang SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Marius melalui Kabid PTK, Delnafrizal yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/7) menuturkan, berdasarkan keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor 430-639-2017 tanggal 7 Juli 2017 tentang Penetapan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas tingkat TK, SD dan SMP Berprestasi tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2017, ada tiga guru Dharmasraya yang berhasil meraih juara 3 yaitu Aprimas (Pengawas SD kecamatanKoto Besar), Jhoni Putra Derita (Kepala SD Negeri 01 Sitiung) dan Eliyarni (guru SMP Negeri 02 Koto Besar).

Delnafrizal menambahkan, guru yang diutus ke tingkat Provinsi Sumatera Barat tersebut, telah memenangkan lomba yang sama di tingkat Kabupaten Dharmasraya, yang dilaksanakan pada bulan April lalu.

Materi yang dilombakan hampir sama, yaitu meliputi uji kompetensi dan tes keperibadian, portofolio dan kemampuan presentasi. Khususnya untuk kelompok guru, juga dilombakan karya inovatif dan video pembelajaran.

Pada kesempatan lain, Kasi Pembinaan PTK SMP, Zul Asri menerangkan, selain lomba PTK tingkat SD dan SMP, guru PAUD dan tutor kelompok belajar paket juga mengikuti lomba PTK tingkat Provinsi Sumatera Barat di gedung BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat, Padang Pariaman pada 3 sampai 4 Juni 2017.

Pada ajang tersebut, tutor paket B, Yolanda Sari dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Ilmu Sungai Rumbai, Dharmasraya berhasil meraih juara 1.

"Untuk lomba tutor paket B, kita berhasil memperoleh juara 1 atas nama Yolanda", kata mantan kepala SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Pulau Punjung itu.

Ditambahkannya, saat ini, Yolanda sedang mengikuti lomba yang sama tingkat nasional di Bengkulu, yang berlangsung dari 7 sampai 15 Juli 2017. (*Mhs