Berita

Masyarakat Nagari Sungai Langkok Antusias Bentuk KIM

Dharmasraya, - Masyarakat Nagari Sungai Langkok Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat sangat antusias membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Antusiasme tersebut mucul setelah mereka menerima sosialisasi masalah KIM yang disampaikan oleh nara sumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya, di aula Kantor Wali Nagari Sungai Langkok, Kamis (10/8).

Hal itu dikemukakan Wali Nagari Sungai Langkok Narin Imam ketika ditemui di ruang kerjanya, seusai acara sosialisasi dan sekaligus pembentukan KIM Nagari Sungai Langkok tersebut. Kamis (10/8).

Sosialisasi dan Pembentukan KIM di Nagari Sungai Langkok ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah diwakili oleh Sekretaris Diskominfo Hendri,S.Ag,M.Si dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang SPM Bidang Kominfo oleh Sekretaris Diskominfo.

Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Pembentukan dan Pengembangan KIM oleh Kabid Kominfo Mashuri Thaib,M.Pd Kons, serta materi tentang Tata Cara Pembentukan KIM oleh Kabid Statistik Marlisna, SE,MM.

Setelah isoma dilanjutkan dengan pembentukan KIM Nagari Sungai Langkok tersebut dengan sistem musyawarah dan mupakat dengan menghadirkan Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua Pemuda, Ketua LPM, Ninik mamak, bundo kandung, cerdik pandai, ulama dan PKK serta peserta lainnya.

Maka disepakatilah ketika itu namanya KIM Sungai Langkok Jaya dengan suara bulat sekaligus dengan susunan pengurus terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa orang Ketua Seksi.

Diharapkan dengan telah terbentuknya KIM di Nagari Sungai Langkok ini dapat menjembatani saluran komunikasi dan penyebaran informasi dari Pemerintahan Nagari Sungai Langkok kepada masyarakat.

"Dan sebaliknya, pengurus KIM juga dapat menyerap aspirasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat," kata Sekretaris Diskominfo dalam menyampaikan kata sambutan Sekda.

Sehingga kelompok informasi masyarakat ini tidak hanya ada papan-nama saja, tapi hendaknya berfungsi sesuai dengan Permen Kominfo tentang Pedoman Pembentukan KIM teraebut, kata mantan Plt. Camat Padang Laweh ini.

Pada saat ini di Kabupaten Dharmasraya telah terbentuk 4 KIM di 4 kecamatan yaitu Kec. Sitiung (Nagari Sungai Duo), Kec. Koto Besar (Nagari Koto Ranah), Kec. Timpeh (Nagari Taratak Tinggi), dan Kec. Tiumang (Nagari Sungai Langkok), dan ada 7 kecamatan lagi yang belum.

Untuk tahun 2017 ini akan dilaksanakan pada bulan September di 2 kecamatan lagi dan selebihnya 5 kecamatan lagi akan dilaksanakan pada tahun 2018., kata Kabid Kominfo dalam penyampaian materinya tentang KIM tersebut. (Hdr)