Berita

Pasar Lama Pulau Punjung Dilalap Api

DHARMASRAYA -- Warga Pasar Lama Kecamatan Pulau Punjung dikagetkan dengan kobaran api yang membesar di sekitar area Pasar Lama.

Kebakaran hebat ini terjadi pada saat warga sedang melaksanakan sholat Magrib, sekitar 18.30 Wib. Sontak saja, jamaah usai melaksanakan sholat Magrib langsung terbirit-birit keluar dari masjid dan melihat dari mana asal muasal api yang mulai membesar tersebut.

"Kebakaran diperkirakan terjadi saat kami memulai sholat, tapi karena saat itu belum tau apa yang terjadi kami yang ada di masjid tetap melaksanakan sholat Magrib. Nah, setelah salam baru terdengar orang-orang pada teriak ada kebakaran. Sontak saja, kami yang ada di masjid langsung keluar. Dan melihat api yang sudah mulai berkobar-kobar," ujar salah seorang warga Pasar Pulau Punjung yag kebetulan berada di masjid menunaikan sholat Magrib.

Api yang berkobar besar, membuat rumah yang ada di area tersebut langsung terbakar. Tanpa ada yang bisa diselamatkan oleh para pemilik rumah. Hal ini dikarenakan rumah yang ada di area tersebut terbuat dari kayu dan saling berdekatan. Hal inilah yang membuat api melalap banyak rumah.

"Kemungkinan tidak ada yang bisa diselamatkan, karena api langsung membesar dan menyambar ke beberapa rumah," terang Rona yang kebetulan saat itu berada di lokasi.

Diperkirakan kebakaran hebat ini melalap lebih kurang 16 rumah. Diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Dari data sementara, belum ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Adanya informasi kebakaran yang terjadi di Pasar Lama Pulau Punjung, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan langsung kelokasi untuk ikut langsung mengintruksikan tim pemadam kebakaran yang sedang memadamkan api. Tak hanya itu, Bupati Dharmasraya juga memberikan motivasi bagi korban kebakaran untuk bersabar atas musibah yang terjadi.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan juga mengintruksikan kepada SKPD terkait untuk segera kelokasi dan segera membantu untuk korban kebakaran.

Selain Bupati, dilokasi kebakaran juga tampak hadir Wakil Bupati Dharmasraya H Amrizal Dt Rajo Medan, Wakil DPRD Dharmasraya Ampera Dt Labuan Basa yang juga turut dalam memimpin pemadaman api. (hms/de)