Berita

Pasar Rakyat Blok B Koto Agung Nagari Sungai Duo Raih Juara II Pengelolaan Pasar Tingkat Sumbar

Dharmasraya, -Pasar Rakyat Blok B Koto Agung Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) raih juara II kategori Pasar Rakyat yang dikelola Pemerintah Nagari/Koperasi.

Penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Drs. H.Nasrul Abit Dt.Malintang Panai kepada Wali Nagari Sungai Duo Ali Amran di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat pada upacara penurunan bendera, Kamis (17/8).

Pemerintahan Nagari Sungai Duo dinilai berhasil dalam mengelola Pasar Rakyat Blok B Koto secara profesional, yang meliputi pengaturan zonasi pasar, ketersediaan sanitasi dan MCK dan kondisi lingkungan pasar yang rapi dan bersih.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Kumperdag) Kabupaten Dharmasraya, Drs. Zubrizal yang didampingi Kabid. Perdagangan, Eldison, ST, menuturkan, memang benar walinagari Sungai Duo memperoleh juara II dalam Lomba Pasar Rakyat yang dikelola Pemerintah Nagari/Koperasi. Sementara juara pertama diraih Pasar Sijunjung Kabupaten Sijunjung.

Kepastian itu merujuk pada Keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor 530-732-2017 tanggal 16 Agustus 2017 tentang Penetapan Pemenang Lomba Pasar Rakyat di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017.

"Sungai Duo memperoleh juara II dalam lomba tersebut, dan Walinagarinya langsung menerima penghargaan dari Wakil Gubernur Sumbar, kemaren Kamis (17/8) di Padang," kata Kepala Dinas Kumperdag.

Ia menambahkan, lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat itu, mencakup dua kategori, yaitu pasar rakyat yang dikelola pemerintah daerah dan pasar rakyat yang dikelola oleh pemerintah nagari/koperasi.

Selain menerima piagam penghargaan, Walinagari Ali Amran juga berhak atas uang pembinaan pasar sebesar Rp20.000.000 sebagai juara II. Sedangkan juara I, Nagari Sijunjung berhak atas bonus sebesar Rp25.000.000.

Kepala Dinas Kumperdag sangat berterima kasih kepada Pemerintah Nagari Sungai Duo yang telah berkontribusi dalam mengharumkan nama Kabupaten Dharmasraya. "Semoga prestasi ini dapat dipertahankan, dan menjadi model bagi nagari lain dalam pengelolaan pasar yang baik," ujarnya berharap. (mashuri)