Berita

PASAR TERNAK GUNUNG MEDAN, SOLUSI TEPAT MENDAPATKAN HEWAN QURBAN YANG SEHAT DAN SESUAI SYARIAT.

DHARMASRAYA, Distan Media Center - Jelang dua minggu sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang diprediksi pada hari Minggu 11 Agustus 2019, sebagai ibadah yang dianjurkan dan bersifat Sunnah Muakkad bagi yang mampu, panitia Qurban di masjid/mushallah terlihat sibuk mencari sapi, kerbau atau kambing untuk disembelih yang sesuai tuntutan syariah. Namun ada kecenderungan saat yang sama ketersediaan hewan qurban yang menyediakan jumlah yang banyak sangat susah. Apalagi, panitia qurban umumnya membeli lebih dari 1 ekor, tergantung jumlah kelompok peserta qurban. Disamping itu, karena tingginya permintaan, hukum ekonomi jelas tersaji dalam transaksi yang hanya terjadi satu tahun sekali tersebut.

Dari pantauan dilapangan, transaksi penjualan hewan ternak di Pasar Ternak Gunung Medan pada hari Minggu (28/7) terpantau meningkat signifikan dibanding hari-hari biasa. " Transaksi hari ini cukup ramai. Kenaikan harga hewan qurban naik sekitar 30 - 40 persen dibanding hari biasa. Rata-rata harga sapi berkisar antara 12 - 14 juta perekornya" tandas Yuwardi selaku kepala UPT Pasar Ternak dan ROH Gunung Medan dibawah lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa pembelian yang dilakukan di Pasar Ternak ini menjamin hewan qurban tersebut sehat dan tidak terkontaminasi virus penyakit dengan melampirkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), pemeriksaan gigi sehingga kaedah hewan qurban betul-betul sesuai syariat Islam dan memenuhi kaedah ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) terpenuhi. " Pada prinsipnya hewan yang yang masuk kita jamin sehat" ujar drh. Wahud Noortrisna, MSi yang memeriksa hewan Ternak masuk ini menambakan.

" Kalau bukan masyarakat Dharmasraya , siapa lagi meramaikan Pasar Ternak kita ini. Apalagi saat ini Kabupaten Dharmasraya merupakan salah satu sentra peternakan khususnya sapi Bali" ujar Darisman. S. Si, MM. Lebih jauh Kepala Dinas Pertanian ini menjelaskan bahwa saat ini hari Pasar ditetapkan setiap hari Minggu.

"Mengingat jadwal hari Pasar yang hanya satu kali lagi menjelang hari raya Idul Adha 1440 H yakni pada hari Minggu tanggal 4 Agustus 2019, mari kunjungi Pasar Ternak Gunung Medan, hasilnya dijamin memuaskan" tambah Alumni Biologi FMIPA Universitas Andalas tersebut sambil promosi.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1440 H/2019

Kontak Person :

Pasar Ternak Gunung Medan, Jln. Lintas Sumatera Gunung Medan ( depan lahan percontohan BPTP Sumbar).

Yuwardi ( Kepala UPT Pasar Ternak dan RPH).

HP. 0813 7429 4040.