Berita

Pemkab Dharmasraya Akan Terima Tiga Penghargaan Dari Kemen LHK

Dharmasraya, -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat, akan menerima tiga penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI pada Rabu (2/8), di Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dharmasraya drg. Erina, MKM melalui Sekretarisnya Miyarso, S.Sos, M.Si di ruang kerjanya, Senin (31/7), menjelaskan, ada tiga penghargaan yang akan diterima Pemkab Dharmasraya Dharmasraya tahun ini.

Kepastian itu merujuk pada undangan yang sudah disampaikan oleh Kementerian LHK, antara lain surat Sekjen Kementerian LHK nomor Un.279/SETJEN/SET./7/2017 tanggal 28 Juli 2017 perihal undangan menerima Penghargaan Nirwasita Tantra 2017, dan surat Kepala Badan Penyuluhan dan pengembangan SDM Kementerian LHK nomor UN.22/PSDM/LINMAS/SDM.2/7/2017 tanggal 21 Juli 2017 perihal undangan menerima penghargaan "Adiwiyata Mandiri Tahun 2017".

Selain itu, surat Direktur Adaptasi Perubahan Iklim Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) nomor S-93/API/AEB/PPI.0/7/2017 tanggal 27 Juli 2017 perihal Penyerahan Penghargaan ProKlim 2017.

Penghargaan "Nirwasita Tantra" diberikan atas komitmen Pemkab Dharmasraya dalam mengelola lingkungan dengan baik. Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi kepala daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Berdasarkan keputusan Menteri LHK nomor SK.345/MENLHK/SETJEN/SET.1/7/2017 Tentang Penetapan Penerima Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2017, Pemkab Dharmasraya berhasil menjadi terbaik kedua tingkat Nasional.

Sedangkan penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan kepada SMP Negeri 02 Pulau Punjung atas kesuksesannya menjalankan berbagai program sekolah adiwiyata selama tiga tahun terakhir.

Selain SMP Negeri 02 Pulau Punjung, ada 23 sekolah lain dari berbagai daerah yang akan menerima penghargaan yang sama pada tanggal 2 Agustus mendatang.

Selanjutnya, penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) untuk Jorong Sungai Kalang I Nagari Tiumang Kemacamatan Tiumang yang telah sukses memperlihatkan eksistensi kelompok masyarakat dan tokoh lokal dalam menggerakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang terlibat dan berkontribusi dalam mensukseskan program kegiatan bidang lingkungan hidup di Kabupaten Dharmasraya. Semoga tercipta lingkungan hidup Dharmasraya yang hijau, asri dan lestari demi pembangunan Dharmasraya yang berkelanjutan", imbuhnya. (Msh)