Berita

Pemkab Dharmasraya Bertekad Sukseskan Program Kampung KB Nagari Padukuan

Dharmasraya, - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyatukan tekad untuk menyukseskan pencanangan kampung keluarga berencana (KB) Nagari Padukuan Kecamatan Koto Salak, yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober, mendatang.

Kesatuan tekad itu tertuang dalam bentuk penanda tanganan nota kesepahaman Kesatuan Gerak, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan (KG PKK KB KES) di aula kantor Bupati Dharmasraya, pada Senin (25/9).

Penanda tanganan itu melibatkan beberapa instansi terkait, meliputi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (SOSP3APPKB), Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Turut serta didalamnya TP PKK Kabupaten Dharmasraya dan camat se-Kabupaten Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Adlisman, mengajak seluruh stakeholder untuk bersama mendukung kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kes di Kabupaten Dharmasraya.

"Mari kita bersama bergandeng tangan, untuk menyukseskan kegiatan yang akan digelar dan dipelopori oleh PKK Kabupaten Dharmasraya ini,"jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah mendorong TP PKK untuk terus mengukir prestasi baik di tingkat provinsi bahkan nasional.

"Kalau tahun kemarin kita bisa meriah juara tiga, harapan kedepan harus bisa mampu meraih juara satu," tegasnya.

Menurut Adlisman, untuk dukungan keterpaduan kegiatan ini akan menitik beratkan pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB kesehatan di nagari-nagari dengan para kadernya sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai sasaran utamanya.

"Melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, kita satukan langkah menyongsong keluarga sehat, aman dan sejahtera," ungkapnya.

Adlisman berharap, momentum ini akan menumbuhkan serta meningkatkan kualitas SDM untuk mensukseskan program KB, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang ditunjang oleh lingkungan bersih dan hygiene.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya Ny Dewi Sutan Riska, menyambut baik adanya nota kesepahaman tentang kesatuan gerak PKK KB kesehatan ini.

"Kami berharap seluruh stakeholder terus mensupport dan mendukung kegiatan yang akan dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Dharmasraya, dukungan dan support dari bapak-bapak sekalian sangat kami harapkan," tegasnya.

Ny Dewi juga berharap, para camat yang ada di Kabupaten Dharmasraya bersama TP PKK Kecamatan untuk selalu aktif dan membina para kader-kader yang ada di Nagari agar sepuluh program PKK dapat terlaksana dengan baik.

"Kami terus berbenah diri dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Dharmasraya melalui program PKK," tandansya.

Tahun ini akan dilaksanakan Pencanangan Kampung KB Nagari Padukuan, Koto Salak pada bulan Oktober, mendatang. Untuk kesuksesan kegiatan itu, Pemkab Dharmasraya mengimbau agar semua perangkat daerah terkait, camat dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk ikut berpartisifasi aktif, nantinya. (/Hms)