Berita

Pemkab Dharmasraya Serahkan Bantuan Germas Bagi Warga Tabek

Dharmasraya, - Pemkab Dharmasraya menyerahkan beberapa bantuan kepada warga Pinang Makmur Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, antara lain bantuan tong sampah dari Forum Kabupaten Dharmasraya Sehat (FKDS) dan bibit ikan dari Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Dharmasraya.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE kepada Walinagari Tabek Syafrial, S.Sos, dalam rangkaian kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) IV, di lapangan sepakbola Pinang Makmur, Selasa (31/10).

Turut mendampingi Ketua Forum Kabupaten Dharmasraya Sehat (FKDS) Syahrul Furqon, SKM, Ketua GOW Ny. Feby Datuak Rajo Medan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Irsyad Hamid, MM, dan Camat Timpeh Zulkifli, S.Pd, MM.

Dalam sambutannya, Bupati Sutan Riska menyampaikan apresiasi kepada segenap organisasi profesi kesehatan dan FKDS yang telah memfasilitasi kegiatan Germas ini. Selanjutnya, ia mengimbau agar masyarakat membiasakan hidup sehat mulai dari anak anak sekolah.

Dengan terbentuknya pola hidup sehat, seperti membiasakan aktifitas fisik, memakan sayur dan buahan serta melakukan pengecekan kesehatan secara rutin, akan memberikan dampak positif bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Dharmasraya, khususnya masyarakat Timpeh.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Dharmasraya Ramilus, S.Pd, M.Si menuturkan, pemberian bibit ikan bagi warga Tabek Kecamatan Timpeh dalam rangka mendukung program Germas, yaitu guna meningkatkan gizi masyarakat.

Ramilus menambahkan, bantuan bibit ikan selalu disalurkan di setiap pelaksanaan Germas, meliputi Germas I di Siguntur Kecamatan Sitiung sebanyak 2.000 ekor dan Germas II di Pulau Punjung sebanyak 2.000 ekor.

Selanjutnya pada Germas III di Lubuk Karak Kecamatan IX Koto telah diserahkan bantuan bibit ikan sebanyak 2.000 ekor dan Germas IV Pinang Makmur Nagari Tabek Kecamatan Timpeh sebanyak 750 ekor.

Khusus untuk nagari Tabek, bibit itu diperuntukan bagi kolam di samping mesjid Nurul Huda Pinang Makmur yang dikelola oleh pengurus mesjid. Sementara di daerah lain, umumnya dikelola oleh kelompok pengawasan masyarakat (Pokwasmas) setempat.

Selain penyaluran bibit ikan dalam Germas, Pemkab Dharmasraya juga memberikan bantuan kepada 7 Pokwasmas lainnya dan setiap kelompok memperoleh 2.000 ekor. Sasaran lain yang mendapatkan bantuan bibit ikan itu adalah sekolah yang menggalakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Sampai saat ini, sudah 20.000 ekor lebih bibit yang telah disalurkan. "Semoga bantuan tersebut bermanfaat dan berkontribusi bagi peningkatan gizi masyarakat Dharmasraya", ungkap Ramilus berharap.

Secara terpisah, salah seorang pengurus FKDS Dharmasraya, Desmil, S.Sos menjelaskan, Germas IV ini terlaksana berkat kerjasama semua pihak, terutama FKDS dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dharmasraya.

Hampir semua organisasi profesi yang berada di bawah naungan Dinkes ikut berpartisifasi dalam ajang ini, antara lain Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Dharmasraya menggelar aksi makan sayur dan buah dan Ikatan Bidan Indonesia cabang Dharmasraya melakukan kunjungan ibu hamil.

Selanjutnya, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) melaksanakan sosisalisasi "Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang Obat secara benar (Dagu Sibu) di ruang pertemuan kantor wali Tabek Kecamatan Timpeh.

Selain itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dharmasraya menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis untuk spesialis penyakit dalam dan kandungan, serta Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Dharmasraya menggelar aksi "Cuci Tangan Pakai Sabun dan air (CTPS) bagi ratusan siswa SD.

Organisasi lain yang turut andil adalah Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Dharmasraya dengan menggelar aksi sikat gigi yang benar bagi 264 siswa SDN 01, SDN 03 dan SDN 11 Timpeh.

Sementara FKDS, selain menyerahkan bantuan beberapa tong sampah, juga melakukan pembinaan secara berkala ke setiap nagari di Kabupaten Dharmasraya, termasuk Nagari Tabek ini, katanya. (Mashuri)