Berita

Pemnag Gunung Medan Dharmasraya Gelar Sosialisasi Penggalian Potensi Bumnag

Dharmasrya,-- Pemerintah Nagari (Pemnag) Gunung Medan Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya menggelar "Sosialisasi Penggalian Potensi Perencanaan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) di ruang pertemuan kantor Walinagari Gunung Medan, selama dua hari, dari 9 sampai 10 Oktober 2017.

Walinagari Gunung Medan Yakub di Gunung Medan, Selasa (10/10) menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta terdiri dari beberapa unsur, antara lain perangkat Pemnag dan anggota Badan Musyawarah Nagari serta pelaku usaha dan tokoh masyarakat.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, semoga terbentuk kepala unit usaha yang berjiwa enterpreneur, sehingga kegiatan Bumnag Gunung Medan berjalan secara optimal. Pada gilirannya, akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, katanya berharap.

Pada kesempatan lain, Ketua Panitia Hendri menuturkan, kepengurusan Bumnag Gunung Medan sudah terbentuk, namun belum sempurna. Komposisi saat ini baru meliputi 3 pengurus dan 5 penasehat/pengawas. Sementara untuk posisi kepala unit usaha belum tersedia, padahal merekalah yang akan menggerakan kegiatan Bumnag tersebut, imbuhnya.

Lebih lanjut, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Pemberdayaan Masyarakat Gunung Medan itu menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi aparatur dan masyarakat dalam mencari peluang usaha yang bisa dikembangkan melalui Bumnag.

Pada sesi terakhir akan dilakukan inventarisasi potensi usaha yang mungkin dikembangkan Bumnag, selanjutnya akan ditentukan beberapa diantaranya untuk dijadikan bidang usaha Bumnag Gunung Medan, ke depannya.

Pada sosialisasi kali ini, Pemnag Gunung Medan mendatangkan narasumber dari beberapa instansi vertikal, antara lain Kabag. Tapem Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, Marlionis, S.Sos dan tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Sumatera Barat.

Selain itu, narasumber dari jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, yaitu Kasi Pemasaran Supratman, S.Pd, M.Si, Kasi Sumber Daya Industri Jalinas, SE dari Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (Kumperdag).

Narasumber lainnya adalah Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Hastho Kuncoro, M.Pd. dan Kabid. Usaha Ekonomi Masyarakat, Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Dinas PMD, Drs. Burhanudin, M.Si.

Pada 2017, Pemnag Gunung Medan mengalokasikan sebagian dana desa/nagari untuk penyelenggaraan 9 kegiatan pemberdayaan masyarakat. Selain pelatihan Bumnag, juga dilaksanakan pelatihan keterampilan seperti menjahir dan bordir. Kegiatan lain yang akan digelar bulan depan adalah pelatihan manajemen sistem informasi dan pelatihan jurnalistik nagari.(Mashuri)