Berita

Pramitha Bayi Dharmasraya Juara I Lomba Bayi Sehat Tingkat Sumbar

Dharmasraya,- Utusan Kabupaten Dharmasraya, Pramitha Murti Humairoh berhasil meraih juara pertama "Lomba Bayi Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2017" yang dilaksanakan di Padang selama dua hari, mulai 14 sampai 15 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, dr. Rahmadian melalui Kabid. Kesehatan Masyarakat, dr. Milana Gafar, menuturkan, Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt. Rajo Medan, S.Sos telah mengutus Paramitha dan Nadine untuk mengikuti lomba bayi sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat pada Senin (14/8). Kedua peserta itu akan mengikuti lomba selama dua hari, yaitu 14 dan 15 Agustus 2017 di Padang.

Ia menambahkan, berdasarkan keputusan dewan juri yang dibacakan kemaren (15/8) di Padang, utusan Dharmasraya atas nama Paramitha berhasil meraih peringkat pertama. Paramitha mengikuti lomba bayi sehat kategori bayi usia 9-24 bulan. Sementara temannya, Nadine mengikuti kategori "Batita" (bayi usia tiga tahun lebih) usia 25 bulan ke atas, masih kalah bersaing dengan kontestan daerah lain. Untuk kategori batita, utusan Kota Sawahlunto, Gabriel Medina Anandito berhasil menjadi terbaik Sumbar 2017.

Atas keberhasilan Paramitha ini, dia berhak atas piagam penghargaan Gubernur Sumatera Barat dan sebuah sepeda mini. Selanjutnya, putri Silvia Yuni Riyenti itu akan diundang pada upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 di Padang, pada 12 Nopember, mendatang, terangnya.

Lebih lanjut Plh. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya itu menjelaskan, pada 24 Juli silam, telah diselenggarakan lomba yang sama untuk Tingkat Kabupaten Dharmasraya di Hotel Sakato Pulau Punjung. Kegiatan yang diikuti oleh 14 bayi ini, dibagi atas dua kategori, yaitu kategori bayi usia 9-24 bulan dan batita usia 25 bulan ke atas. "Pemenang dari ajang tersebut menjadi utusan Pemkab Dharmasraya ke ajang tingkat Provinsi Sumbar, dan salah seorang diantaranya meraih juara atas nama Paramitha", katanya bangga.

Aspek penilaian lomba bayi sehat meliputi antara lain, kesesuian kondisi pertumbuhan bayi dengan usianya, perkembangan psiko-motorik yang relevan dengan tugas-tugas perkembangannya (task development), dan intensitas pemeriksaan bayi ke Puskesmas terdekat.

Dokter yang akrab disapa dr.Lala itu berharap, agar Pemkab. Dharmasraya memberikan penghargaan kepada bayi dan orangtua serta Puskesmas pembinanya, yaitu Puskesmas Sitiung 1. Karena prestasi ini merupakan yang pertama bagi Pemkab. Dharmasraya.

"Ini pertama kali kita meraih juara I dalam ajang lomba bayi sehat tingkat Provinsi Sumbar", jelasnya.

Selain itu, kepada masyarakat diimbau untuk rajin memeriksakan pertumbuhan dan perkembangan bayinya ke petugas Puskesmas atau Pustu terdekat. Dengan adanya pemeriksaan yang teratur, maka segala kemungkinan terjadinya hambatan dalam tumbuh-kembang bayi dapat diketahui sejak dini. Selanjutnya dapat diberikan tindakan medis yang sesuai dengan karakteristik bayinya.(mashuri)