Berita

RATUSAN ORANG GORO BERSAMA BUPATI DAN WABUP DI PULAU SAWAH

Dharmasraya---Komplek Candi Pulau Sawah Jadi Pusat Kegiatan Festival Pamalayu

Antusiasme Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Dharmasraya goro seharian menyulap Komplek Candi Pulau Sawah menjadi rindang, dari semak belukar tuntas sudah dilaksanakan pada kamis 05/09/19.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, selaku yang mengomandoi goro ini, disela duduk bersila bersama kepala OPD, LKAM, Wali Nagari Siguntur, dan masyarakat umum lainnya usai melaksanakan goro menjelaskan puluhan hektar lahan, baik itu belukar, yang ditanami pohon karet dan jeruk oleh masyarakat, diperkirakan tempat sekira 12 munggu situs secarah masih tertata apik disana, oleh karenanya Pemerintah Daerah memulai melakukan pemugaran lokasi dengan menata Komplek Candi-candi yang ada di Nagari Diguntur.

"Goro masal ini, antusias dari ASN kita, staf THL, dan tenaga suka rela di masing-masing OPD dan Sekretariat sangat luar biasa, pokoknya seruan saya untuk goro diteruskan juga oleh setiap Kepala OPD kepada bawahannya", imbuh Sutan Riska.

Menurut Bupati, Komplek Candi Pulau Sawah sudah ready untuk lokasi utama pada pagelaran rangkaian Pestival Pamalayu nantinya, sesuai dengan scedule tepat pada tempat Candi Pulau Sawah inilah nantinya perahu Arung Pamalayu pertama kali bersandar. Pada tangga 23 September nantinya rangkaian Pestival yaitu Arung Pamalayu, perahu hias mulanya mengarungi Batanghari dari Jembatan Pulai dan dari Jembatan Merah Dharmasraya. Arung Pamalayu pada alur cerita masa lampau adalah lebih kurang

mengingatkan bahwa Dharmasraya sebagai tempat penghasil rempah, dan Sungai Batanghari satu-satunya jalur air yang ditempuh untuk mengangkut rempah pada saat itu.

Demikian juga halnya dikatakan Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Datuak Rajo Medan, pantang baginya keseharian tidak bermasyarakat. "Mari kita sukseskan Iven yang perdana dilakukan ini", insyaallah kata beliau Pestival Pamalayu akan menjadi Iven tahunan Dharmasraya. Lewat banyaknya rangkaian acara Kebudayaan, sudah dipastikan juga Visi Misi sebagai Dharmasraya Mandiri dan Berbudaya sudah terwujud, diyakini juga akan menambah jumlah kunjungan Wisatawan ke Dharmasraya.