Berita

Ringkasan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Dharmasraya

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Penghargaan ini dinilai berdasarkan dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), sekarang dokumen SLHD ini berganti menjadi Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan piala bergilir yang dikompetisikan setiap tahun bagi seluruh daerah.

Prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Dharmasraya terkait penghargaan SLHD/Nirwasita Tantra:

  1. Dokumen SLHD Tahun 2012 memperoleh prestasi terbaik tingkat nasional
  2. Dokumen SLHD Tahun 2013 memperoleh prestasi Terbaik I Tingkat Nasional
  3. Dokumen SLHD Tahun 2014 memperoleh prestasi Terbaik I Tingkat Nasional
  4. Dokumen SLHD Tahun 2015 memperoleh prestasi Terbaik II Tingkat Nasional

Tahun 2016 ini, Kabupaten Dharmasraya telah selesai menyusun Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, Dokumen ini terdiri dari 2 Buku, yaitu:

  1. Buku I, yang berisi ringkasan eksekutif dari Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah.

2.

Buku II, adalah buku yang berisikan laporan utama informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah. Laporan utama ini disajikan dengan melakukan hubungan kausalitas antara unsur-unsur penyebab terjadinya persoalan lingkungan hidup, status, dan upaya pemerintah daerah untuk memperbaiki kualitas lingkungan.

Dalam bagian laporan utama terdapat isu prioritas, yaitu isu utama yang menjadi prioritas dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah. Penetapan isu prioritas didasarkan proses secara partisipatif yang melibatkan pemangku kepentingan di daerah. Proses penetapan isu prioritas wajib menggunakan pendekatan PSR (Pressure State and Response). Analisa Pressure State and Response memuat isu lingkungan hidup yang meliputi analisa tataguna lahan, kualitas air, kualitas udara, resiko bencana, dan perkotaan. Dalam bagian laporan utama ini juga memuat Inovasi Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Bagian ini memuat inisiatif-inisiatif yang dilakukan oleh kepala daerah dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Inisiatif yang dilakukan dalam bentuk peningkatan kapasitas lembaga daerah (seperti melalui APBD, peningkatan kapasitas personil, pengembangan jejaring kerja, peningkatan transparansi dan akuntabilitas kepada publik), dan inisiatif yang dikembangkan oleh masyarakat.

Untuk memperoleh penghargaan Nirwasita Tantra ini, melalui beberapa tahap penilaian, yaitu penilaian di Tingkat Provinsi, Tingkat Ekoregion, dan Tingkat Nasional. Pada Tingkat Nasional penilaian dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan, yaitu (1) tahapan penapisan, yaitu penilaian atas buku ringkasan eksekutif, dan validitas, akurasi, serta kejelasan data; dan (2) tahapan penilaian atas analisis hubungan kausalitas antara pressure - state - response; (3) tahapan diskusi panel. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, selanjutnya ditetapkan 8 (delapan) nominator untuk setiap tingkatan pemerintahan provinsi, kabupaten, dan kota untuk memasuki seleksi tahap akhir (diskusi panel dalam bentuk presentasi kepala daerah).

Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Dharmasraya Tahun 2016 telah disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera di Pekanbaru dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk dilakukan penilaian. Hasil penilaian akan diumumkan segera dalam waktu dekat ini oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.