Berita

Sekda: Jadikan Momen 1 Muharram Untuk Berhijrah Ke Arah Lebih Baik

Dharmasraya,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dharmasraya, Leli Arni, S.Pd, M.Si mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadikan momentum peringatan tahun baru Islam, 1 Muharram, sebagai pijakan berhijrah ke arah yang lebih baik.

Pernyataan itu disampaikannya saat membuka acara "Peringatan Tahun Baru Islam" di Aula Kantor Bupati Dharmasraya pada Jum'at (22/9).

Kegiatan itu diikuti oleh ratusan ASN di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Dharmasraya itu.

Turut hadir staf ahli Bupati bidang hukum dan organisasi, Mashery Yanda Boy, SH, MH, Asisten perekonomian dan pembangunan, Adlisman, S.Sos, M.Si, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan beberapa pejabat esselon III di lingkup Setdakab. Dharmasraya.

Sekda Leli menjelaskan, untuk melakukan hijrah ke arah yang lebih baik itu, seyogyanya dimulai dari diri sendiri. "Mari kita jadikan momentum tahun baru Islam ini sebagai langkah awal untuk menghijrahkan diri sendiri terlebih dahulu,"jelasnya.

Ia menambahkan, perbaiki diri kita sendiri baru mengajak orang lain. Selanjutnya benahi keluarga dan orang terdekat kita serta binalah hubungan yang baik antar sesama. "Mari kita hablum minan naas wa hablum minallah,"tegasnya.

Salah satu cara untuk membina hubungan tersebut, antara lain dengan menggalakkan ucapan "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh" ketika bertemu antar sesama, dan disaat memasuki ruangan.

Pada kesempatan lain, Kabag. Kesra Syafrudin, S.Sos, M.Si menuturkan, Pemkab. Dharmasraya melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) selalu melaksanakan rangkaian kegiatan dalam Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI), termasuk peringatan tahun baru Islam.

Secara umum, kegiatan PHBI lebih difokuskan pada santapan rohani bagi ASN. Pada kegiatan ini, bagian Kesra mengundang penceramah dari jajaran Kantor Kemenag. Kabupaten Dharmasraya, Hamid Arwani, S.Ag, MA.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Safar itu berharap, agar kegiatan ini tidak bersifat seremonial belaka, melainkan ada hikmah-hikmah yang bisa dipetik oleh pesertanya.

Misalnya dengan memperingati tahun baru Islam, hendaknya mendorong kita untuk lebih giat bekerja dan berdisiplin diri, sebagaimana semangat hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madina tempo dulu, imbuhnya. (Hms)