Berita

TIGA PULUH ANGGOTA DPRD DHARMASRAYA UCAPKAN SUMPAH

Dharmasraya---Rasa Haru Warnai Prosesi Sumpah Anggota Wakil Rakyat

Peluk erat Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan H. Masrul Maas, mantan Ketua DPRD serta St. Budi Sanjoyo, mantan Wakil Ketua DPRD di hadapan rapat paripurna DPRD Rabu (14/8/19) benar benar mengundang rasa haru. Hampir tiga tahun bersama, dua sosok bapak rakyat itu pamit hendak meninggalkan kursi kebesaran tempatnya memimpin sidang selama ini. Mereka sudah seperti bersaudara, sehingga saat mitra hendak mengakhiri masa pengabdian, terasa benar keharuan dalam hatinya.

Hari itu, Sekretariat DPRD Kabupaten Dharmasraya sedang baralek gadang. Instansi itu sedang punya gawe pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD baru periode 2019-2024. dilaksanakan cukup wah, meski kesederhanaan masih terlihat di sana dan sini. Diawali dengan tampilan tari gelombang saat pembesar Dharmasraya tiba di lokasi acara.

Bupati Sutan Riska, Wabup Amrizal.Dt. Rajo Medan, Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Dwi Putranto, S.IP, Kapolres Dharmasraya, AKBP H. Imran Amir, S.IK, Kajari Dharmasraya Hari Wahyudi, SH., Ketua PN Pulau Punjung Dessy Darmayanti, SH., MH dan Ketua PA Pulau Punjung Azizah Ali, S.HI. hadir dalam rangkaian alek wakil rakyat itu. Mereka disambut tari gelombang sebelum memasuki ruang sidang utama kantor termegah di Kabupaten Dharmasraya.

Anggota DPRD yang mengucapkan sumpah dan janji hari itu, merupakan hasil Pemilu serentak 2019 yang berlangsung beberapa bulan sebelumnya. Mereka terpilih dan berhak duduk di kursi empuk kantor DPRD. Berjumlah 30 orang berasal dari keder kader terbaik partai. Tampil sebagai anggota terbanyak adalah PDI P 7 orang, disusul Golkar 5 orang, PAN 4 orang, Gerindra 3 orang, Nasdem 3 orang, PKS 2 orang, Demokrat 2 orang, Berkarya 2 orang, partai Hanura dan PKB Masing masing 1 orang.

Pelaksanaan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua PN Pulau Punjung, Dessy Darmayanti. Dengan disaksikan para pejabat daerah, keluarga dan tokoh tokoh masyarakat, 30 anggota DPRD baru mengucapkan sumpah di antara mereka yang mengucapkan sumpah adalah Ir. H. Adi Gunawan, mantan Bupati Dharmasraya bersama lima orang anggota DPRD lama yang kemudan terpilih kembali.

Prosesi pengucapan sumpah dan janji itu kemudian dilanjutkan dengan pidato ketua sementara Defrino Anwar, SHI. M.Pd setelah itu Bupati Sutan Riska membacakan pidato gubernur Sumbar. Prosesi diakhiri dengan menyanyikan lagi Bagimu Negeri serta pemberian ucapan selamat dari rakyat.