Berita

Tingkatkan Kompetensi Petugas Promkes, Dinkes Dharmasraya Gandeng Diskominfo

Dharmasraya, - Untuk meningkatkan kompetensi tenaga promosi kesehatan dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui media audio visual, Dinas Kesehatan (Dinkes) menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dharmasraya melakukan pelatihan teknik audio visual, di ruang pertemuan Dinas Kominfo Dharmasraya, pada 15-17 November 2017.

Kegiatan diikuti oleh petugas promosi kesehatan (promkes) meliputi beberapa staf Dinas Kesehatan dan tenaga promkes Puskesmas se-Kabupaten Dharmasraya.

Ketua pelaksana kegiatan Febriyeni Eka Putri, SKM menuturkan ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat antara lain melalui penyuluhan secara face to face dan penyebaran informasi melalui brosur atau leaflet. Sesuai dengan kemajuan teknologi informasi, kegiatan promosi kesehatan disampaikan juga melalui media online, seperti facebook, twitter dan website.

"Untuk menunjang kelancaran promosi kesehatan secara online itu, perlu diberikan pembekalan kepada tenaga promkes, antara lain teknik pengelolaan website dan pembuatan media audio visual. Penggunaan produk audio visual diharapkan dapat menambah daya tarik masyarakat untuk menyimak dan memahami informasi kesehatan dengan baik," ujar Yeni.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya yang diwakili Kabid. Kominfo Mashuri Thaib, M.Pd menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Dinkes untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan teknologi informasi. Kerjasama antara Dinas Kesehatan dan Kominfo sudah terjalin sejak lama, antara lain dalam bentuk penyediaan bandwith server untuk mendukung program e-Puskesmas, pemasangan fingerprint online terintergrasi dan pembuatan website Dinas Kesehatan oleh teknisi Dinas Kominfo Dharmasraya.

"Saat ini Dinas Kominfo mengalokasikan dana sebesar Rp15 juta per bulan untuk pembiayaan bandwith server guna mendukung program e-Puskesmas bagi empat unit kerja. Tahun ini baru 4 puskesmas yang bisa diakomodir, jika tahun depan jumlah e-puskesmas itu bertambah, Dinas Kominfo berupaya untuk tetap mengakomodirnya, sesuai dengan budget yang tersedia," ujar Mashuri.

Selama pelatihan berlangsung, peserta akan dilatih dan didampingi oleh instruktur dan tenaga ahli Dinas Kominfo Dharmasraya, Adel Wiratama, ST, M.Cio dan Anton Hilman, S.Kom. (Mashuri)