Berita

Warga Dharmasraya Bakal Segera Nikmati Fasilitas RTH Simpang Silago

Dharmasraya, - Warga Kabupaten Dharmasraya bakal dapat menikmati fasilitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) Simpang Silago, Pulau Punjung, paling lambat awal 2018. Sampai saat ini, pembangunan RTH yang dilengkapi taman bermain anak-anak itu sudah mencapai progres 90 persen.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Dharmasraya Ir. Junaedi Yunus melalui Kabid. Cipta Karya, Rahmatsyah Rangkuti, ST saat mendampingi tim Monev Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Simpang Silago, Nagari Sungai Kambut Kecamatan Pulau Punjung, pekan lalu.

Dikatakan oleh Rahmat, pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) menggunakan dana APBN melalui Satker PBL Provinsi Sumbar 2017, dengan pagu sebesar Rp5 miliyar. Selanjutnya, luas tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan RTH ini seluas 1,3 H yang berlokasi di Simpang Silago, Pulau Punjung.

Ia menambahkan, RTH itu dilengkapi dengan arena bermain anak-anak dan Ruang Terbuka Publik (RTP). Fasilitasi yang dibangun di area tersebut meliputi taman bermain, kedai dan kios, serta sarana pendukung wisata seperti kolam renang, toilet dan mushalla.

"Semua fasilitas sudah terbangun bahkan lampu-lampunya sudah hidup, dan insya Allah awal 2018, masyarakat Dharmasraya sudah bisa menikmatinya", ungkap Rahmat optimis.

Untuk meningkatkan daya tarik RTH, Bupati Dharmasraya menginstruksikan kepada jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Dharmasraya agar memasang fasilitas "WiFi Publik" di area dimaksud.

"Ya, sesuai arahan Bupati Dharmasraya, Dinas Kominfo segera akan memasang Wifi di kompleks RTH dan dana sudah kita alokasikan dalam RKA 2018. Awal 2018, masyarakat bisa menikmati layanan internet gratis di sana, ungkap Kepala Dinas Kominfo ST.M. Taufik, SE, MM di ruang kerjanya pada Senin (6/11). (Mashuri)